Doodle Google Belepotan di Festival Holi

Kompas.com - 24/03/2016, 08:57 WIB
Doodle Google yang merayakan Festival Holi, hari Kamis (24/3/2016) GoogleDoodle Google yang merayakan Festival Holi, hari Kamis (24/3/2016)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto


KOMPAS.com - Logo "Google" di laman utama Google.com hari ini (23/3/2013) tampil polos dengan warna cokelat muda. Tapi hal itu tak berlangsung lama karena logo yang dikenal dengan sebutan doodle tersebut tiba-tiba seolah "ditimpuki" aneka serbuk warna dalam sebuah animasi sehingga tampak belepotan.

Google, sang raksasa internet, rupanya sedang memperingati festival Holi melalui animasi tersebut. Holi merupakan tradisi musim semi yang dirayakan di India dan Nepal.

Perayaan Holi berlangsung selama dua hari, dimulai dari hari Purnima (bulan purnama) di bulan Falgun dalam kalender Bikram Sambat Hindu, atau sekitar akhir Februari hingga Maret dalam kalender Masehi.

Pada malam sebelum perayaan, warga berkumpul dan berpesta. Esok harinya, mereka ikut serta dalam Rangwali Holi. Para peserta terlibat dalam sebuah kegiatan permainan masal, mereka saling berusaha "mewarnai" orang-orang dengan melempar serbuk berwarna atau cat air.

Aneka macam mainan pun boleh dipakai dalam event akbar yang diselingi canda dan gelak tawa ini, mulai dari balon berisi cat sampai pistol air. Semua orang kebagian "jatah" ditimpuki serbuk tepung aneka warna, tanpa memandang tua, muda, tetangga, atau orang asing.

Alhasil, semua orang pun tampil belepotan, persis seperti Doodle tadi. Sebab itu pula Holi turut dikenal sebagai Festival Warna.

Di balik perayaan Holi terkandung makna filosofis, yakni menangnya kebaikan atas keburukan. Perayaan ini turut dimanfaatkan sebagai ajang saling bertemu, saling memaafkan, dan tentu saja, saling bersenang-senang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.