Kompas.com - 25/03/2016, 10:14 WIB
Logo baru Facebook The Next WebLogo baru Facebook
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Facebook pernah nyaris membuat ponsel dengan desain dan spesifikasi memukau pada 2010 lalu. Sayangnya, perangkat tersebut urung terwujud lantaran kekurangan dana.

Setidaknya hal tersebut yang dikatakan mantan pemimpin bisnis Facebook Chamath Palihapitiya. Saat ini ia menjadi investor di perusahaan modal ventura Social Capital.

Menurut Palihapitiya, ponsel buatan Facebook dirancang selama kurang lebih setahun. Tim kala itu berisi orang-orang terbaik Facebook dengan kreativitas yang terus mengucur.

"Saya meyakinkan mereka bahwa selain mengembangkan software, hardware juga perlu diperkuat," kata dia, sebagaimana dilaporkan Recode dan dihimpun KompasTekno, Jumat (25/3/2016).

Hanya saja, Palihapitiya gagal meyakinkan sang pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Padahal, kata dia, Intel dan AT&T sudah bersedia bermitra untuk mewujudkan rencana tersebut.

"Saya membuat Zuckerberg susah untuk setuju," kata dia. "Facebook harus mengeluarkan duit 1 miliar dollar AS (Rp 13,3 triliun) untuk merealisasikan ide itu," ia menambahkan.

Palihapitiya yakin, jika ponsel Facebook meluncur kala itu, popularitas dan kinerjanya akan serupa dengan iPhone buatan Apple. Namun, saat ini tentu sulit membuktikan keyakinan Palihapitiya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.