Kompas.com - 25/03/2016, 17:38 WIB
Ilustrasi Facebook Mobile Digital TrendsIlustrasi Facebook Mobile
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Facebook membuat sebuah tool yang bisa mengenali profil palsu. Alat tersebut sudah mulai diuji sejak November tahun lalu dan sudah dipasang di 75 persen akun milik pengguna.

Facebook mengembangkan alat itu dengan tujuan memerangi aktivitas berbau pencemaran nama baik atau bullying di dalam platform jejaring sosial miliknya.

Cara kerjanya, seperti dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (25/3/2016), tool itu pertama-tama akan memindai akun-akun palsu dan mencari tahu foto siapa yang digunakan untuk membuat akun tersebut.

Pemilik akun asli akan mendapatkan notifikasi bahwa nama serta foto mereka telah dipalsukan dan dipakai membuat akun baru.

Selanjutnya tinggal bubuhkan bendera pada akun palsu yang ditemukan. Khusus akun bertanda bendera ini, Facebook akan mengkajinya secara manual sebelum memutuskan langkah berikut.

Selain alat pemburu profil palsu tersebut, Facebook juga sedang menguji cara lain yang bisa mengantisipasi tindak bullying atau upaya pencemaran nama baik.

Cara yang dimaksud antara lain adalah member pilihan bagi pengguna untuk membubuhkan bendera pada foto yang dinilai menyinggung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Media sosial buatan Mark Zuckerberg itu juga selalu mengingatkan pengguna untuk memeriksa pengaturan foto milik mereka. Misalnya soal siapa saja yang boleh dan tidak boleh melihat foto tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.