Dari #KoinUntukPrita Hingga @Jokowi, 10 Momen Ikonik Twitter di Indonesia

Kompas.com - 26/03/2016, 12:11 WIB
Logo Twitter di depan kantornya di San Francisco, AS. istLogo Twitter di depan kantornya di San Francisco, AS.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Twitter tak ubahnya pengepul emosi sebagian masyarakat modern. Senang, sedih, kaget, atau marah, layanan mikroblog tersebut jadi pihak pertama yang diberi tahu.

Senin kemarin (21/3/2016), Twitter genap berusia 10 tahun. Dalam satu dekade, tentu banyak hal-hal yang menjadi bahasan populer netizen di jejaring tersebut.

Untuk itu, Twitter Indonesia mengajak netizen bernostalgia ke peristiwa ikonik selama 10 tahun terakhir. Berikut yang dirangkum KompasTekno, Minggu (26/3/2016) dari akun @TwitterID.

Pertama, #KoinUntukPrita. Tanda pagar tersebut bernaung di jejeran trending topic (TT) netizen Indonesia selama berminggu-minggu pada Desember 2009 silam. Artinya, kala itu netizen antusias membahas topik tersebut.

Prita yang dimaksud tak lain adalah Prita Mulyasari (@pmulyasari), seorang pasien di Rumah Sakit Omni Internasional. Selama dirawat, ada beberapa hal yang tak berkenan di hati Prita.

Ia lalu memublikasikan keluhannya ke ranah maya. Tak terima, pihak rumah sakit menuduh Prita melakukan tindak pidana pencemaran nama baik. Alhasil, Prita pun dipenjara dan harus bayar denda Rp 204 juta.

Hal tersebut membuat netizen berang. Bersatu padu melalui tagar #KoinUntukPrita, netizen membantu Prita dengan mengumpulkan uang recehan yang jumlahnya malah mencapai Rp 650 juta untuk menebus bebannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, kemunculan akun @JalinMerapi pada Oktober 2010. Saat itu Gunung Merapi kembali meletus. Jaringan Informasi Lingkar Merapi kemudian meluncurkan akun @JalinMerapi.

Akun tersebut berkoordinasi dengan radio komunitas dan masyarakat yang tinggal di daerah sekitar Merapi untuk mendistribusikan informasi real-time tentang situasi di sana.

Ketiga, #DemiMetallica. Tagar tersebut muncul pada 2013 lalu menjelang konser band legendaris Metallica. Para netizen memamerkan upaya masing-masing untuk membeli tiket konser band metal tersebut. Ada yang jualan baju, stiker, hingga ikut kuis. Semua dilakukan #DemiMetallica.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.