Opera Patahkan Mitos Video Panjang Tak Laku di Internet

Kompas.com - 27/03/2016, 09:45 WIB
Film pendek Opera SoftwareFilm pendek "Arah Kisah Kita" produksi Opera Software.
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Growth Director Asia, Opera Software, Ivollex Hodiny mengatakan, pengguna internet sekarang mulai tertarik dengan video dengan durasi di atas 10 menit.

Riset yang dilakukan perusahaan pembuat browser asal Norwegia itu dilakukan melalui film pendek buatannya yang berjudul "Arah Kisah Kita" yang mulai dirilis pada 3 Februari lalu di kanal YouTube perusahan, situs micropage Opera, dan jejaring sosial miliknya.

"50 persen penonton menonton film pendek Arah Kisah Kita hingga akhir cerita dengan durasi selama 15 menit," kata Hodiny dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Minggu (27/3/2016).

Fakta tersebut sekaligus mematahkan penemuan yang berbeda yang mengatakan kecenderungan netizen selama ini hanya tertarik pada konten video berdurasi di bawah 10 menit saja.

Namun, menurut Hodiny, untuk menjaga agar netizen tetap setia menonton video hingga akhir itu ada syaratnya, yaitu konten yang relevan.

"Dengan konten cerita yang relevan, Opera mampu mengajak netizen untuk menikmati video ini (film Arah Kisah Kita) hingga akhir," ujar Hodiny.

Film pendek Arah Kisah Kita buatan Opera memang sengaja dibuat “menggantung”. Opera kemudian menggandeng sejumlah YouTubers (penggiat YouTube) untuk membuat alternate ending (akhir cerita yang berbeda-beda) dari film produksinya itu.

Kelima YouTubers yang berpartisipasi adalah Cameo Project, Dikidi Channel, Sarab TV, GPS (Ga Penting Sih) Channel, dan Susah Tidur. Video alternate ending hasil karya mereka diluncurkan bertepatan dengan Hari Valentine, 14 Februari 2016 lalu.

"Semoga konsep serupa dapat kami replikasi di masa mendatang dan menghasilkan lebih banyak lagi karya kolaborasi konten video yang berkualitas,” tandas Hodiny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.