Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi di Aplikasi Line Diberi Stempel Digital

Kompas.com - 27/03/2016, 10:51 WIB
Deliusno

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Line kembali menggelar acara Conference Tokyo, sebuah ajang kumpul tahunan bagi para rekanan bisnis, Kamis (24/3/2016).

Dalam acara tersebut, Line memperkenalkan tiga fitur baru untuk aplikasi Line untuk bisnis, yaitu Line Account atau yang biasa dikenal dengan nama Line@.

Fitur baru tersebut dikenalkan oleh Line Corporation Executive Officer and Head of Platform Planning, Sugimoto Kenichi di hadapan sekitar 2.000 pengunjung konferensi di Maihama Amphitheater, Tokyo, Jepang, termasuk KompasTekno.

Reward Card

Kenichi menjelaskan, fitur baru pertama untuk aplikasi Line@ itu diberi nama Reward Card. Fitur itu dikatakan Kenichi memiliki fungsi yang mirip dengan stamp card (stempel) atau kartu poin. Bedanya, stempel ini adalah versi digital, bukan fisik.

Apakah itu sebenarnya stamp card? Stamp card menjadi kartu penanda dari toko, diberikan apabila pelanggan telah melakukan transaksi. Jika pelanggan telah mengumpulkan stempel poin tertentu, biasanya toko akan memberikan bonus atau diskon.

Dengan adanya stamp card versi digital, toko bisa meminimalisir risiko stamp card pelanggan hilang atau tertinggal.

Kenichi mengatakan fitur tersebut bakal tersedia bagi pengguna Line di Indonesia, Jepang, Taiwan, dan Thailand.

"Reward Card adalah fitur yang menggantikan point dan stamp card. Kartu ini juga dapat digunakan untuk berbelanja. Pengguna dapat mengumpulkan poin atau stamp di toko favorit mereka menggunakan aplikasi Line dan dapat menukarkannya sebagai reward," ujar Kenichi.

Coupon Book

Fitur kedua yang dikenalkan Line adalah Coupon Book. Sama seperti namanya, fitur tersebut merupakan kumpulan kupon digital dari sebuah toko.

Kupon-kupon tersebut dapat berisi berbagai promosi dari toko yang bergabung di Line. Sebagai contoh, sebuah kupon bisa menawarkan diskon senilai tertentu untuk transaksi di suatu toko.

Menggunakan fitur tersebut, pengguna bisa mengatur kupon apa saja yang dikeluarkan oleh perusahaan dan toko di akun Line@.

Menariknya, fitur ini bakal dilengkapi dengan kemampuan pengingat atau reminder. Jika masa berlaku kupon akan berakhir, sistem akan langsung memberikan peringatan.

Fitur tersebut nantinya akan bisa digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com