Apa Itu "Bolshoi Theatre" di Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 28/03/2016, 09:17 WIB
Google rayakan hari jadi Bolshoi Theatre dengan doodle GoogleGoogle rayakan hari jadi Bolshoi Theatre dengan doodle
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Laman mesin pencari Google hari ini memamerkan sebuah gedung bernuansa kekuningan. Bagi para pelakon teater dan balet, gedung tersebut mungkin sudah tak asing.

Gedung itu tak lain adalah "Bolshoi Theatre", sebuah gedung teater tua yang terletak di kota Moskow, Rusia. Hari ini, Senin (28/3/2016), menandai hari jadi gedung pertunjukan tersebut yang ke-240.

Bolshoi Theatre pertama kali didirikan pada 1825, bersamaan dengan didirikannya sebuah yayasan opera dan balet dengan nama sama. Pendirinya adalah seorang pengusaha Inggris Michael Maddox bersama diplomat Rusia Pyotr Urusov.

Sejak pertama kali didirikan, Bolshoi Theatre menjadi salah satu tempat perhelatan seni yang sohor di Rusia. Karya balet legendaris "Swan Lake" ciptaan Tchaikovsky pun pertama kali dipertontonkan di sana.

Beberapa karya balet terkenal lain yang juga dimainkan di Bolshoi Theatre antara lain "The Sleeping Beauty", "The Nutracker", "Romeo and Juliet", dan "Giselle".

Hingga sekarang, gedung itu masih aktif digunakan untuk aktivitas berkesenian. Tak cuma teater dan balet, kelompok orkestra yang tampil di Bolshoi Theatre juga dikenal apik.

Atas nilai sejarahnya yang tinggi, tak heran Google turut merayakan hari jadi Bolshoi Theatre yang sudah lebih dari dua abad. Mesin pencari tersebut memang kerap merayakan hari-hari besar dengan sebuah doodle.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.