Begini Cara Android OnePlus X Akali Aturan TKDN

Kompas.com - 28/03/2016, 16:35 WIB
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Smartphone Android OnePlus X resmi masuk ke pasar Indonesia melalui toko jual beli online Blibli.com pada hari ini, Senin (28/3/2016).

Meski demikian, OnePlus X yang dipasarkan di Indonesia tidak mendukung koneksi 4G LTE, melainkan masih menggunakan koneksi 3G. Community Manager OnePlus Indonesia Shinta Hawa Thandari mengonfirmasi hal itu kepada KompasTekno.

Apa alasannya? "Kami ingin mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia, di mana ponsel 4G harus memenuhi syarat tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 30 persen," kata Shinta kepada KompasTekno.
 
"Kalau (OnePlus) harus memenuhi syarat TKDN bisa-bisa butuh waktu satu tahun lagi untuk merilis ponsel," imbuh Shinta.

Shinta juga mengakui pihak OnePlus telah memodifikasi software Android OnePlus X agar koneksi 4G yang dimiliki tidak bekerja. "Untuk yang versi Indonesia memang hanya 3G," tegasnya.

Hal itu juga yang menjadi alasan OnePlus menunda peluncuran ponsel kelas menengahnya itu di Indonesia. Seperti diketahui, OnePlus X sempat akan dirilis pada Oktober 2015 lalu, namun akhirnya batal.

OnePlus X dijual di Indonesia melalui program flash sale (penjualan cepat) di situs jual beli online Blibli.com dengan harga Rp 3,399 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.