Di Indonesia, Nasib OnePlus Three dan Two Dijanjikan Berbeda

Kompas.com - 29/03/2016, 11:31 WIB
Country Manager Multi Mobile Indonesia selaku distributor OnePlus, Eric Wang (kiri) bersama CEO blibli.com Kusumo Martanto dalam peluncuran ponsel OnePlus X secara eksklusif untuk pasar Indonesia, Senin (28/3). Setelah tertahan lima bulan, ponsel ini akhirnya dijual dengan harga normal Rp 3,4 juta ditambah promo dari penjual hingga Rp 500.000 lebih. Didit Putra Erlangga RahardjoCountry Manager Multi Mobile Indonesia selaku distributor OnePlus, Eric Wang (kiri) bersama CEO blibli.com Kusumo Martanto dalam peluncuran ponsel OnePlus X secara eksklusif untuk pasar Indonesia, Senin (28/3). Setelah tertahan lima bulan, ponsel ini akhirnya dijual dengan harga normal Rp 3,4 juta ditambah promo dari penjual hingga Rp 500.000 lebih.
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vendor ponsel asal China OnePlus akhirnya menjual ponsel mereka yakni OnePlus X di Indonesia meski dengan konsekuensi dijual sebagai ponsel yang beroperasi di jaringan selular 3G.

Langkah serupa rupanya tidak akan dilakukan untuk seri flagship mereka, OnePlus Two. Ponsel berjuluk "flagship killer" tersebut gagal masuk Indonesia karena terganjal ketentuan soal tingkat kandungan dalam negeri atau TKDN.

Kepastian itu disampaikan oleh Manajer Komunitas OnePlus Indonesia Shinta Hawa Thandari di sela peluncuran OnePlus X bersama marketplace Blibli.com di Jakarta, Senin (28/3/2016).

OnePlus X yang memiliki spesifikasi hampir sama dengan OnePlus One tapi dengan berbagai penyesuaian dijual di belahan dunia lain sebagai ponsel 4G, tapi menjadi ponsel 3G sewaktu dipasarkan di Indonesia.

Dia memastikan bahwa produk tersebut sudah memenuhi segala persyaratan sebagai ponsel 3G.

"Ini adalah keputusan dari kantor global. Salah satu penyebabnya agar konsumen bisa fokus ke OnePlus X sambil menunggu kehadiran OnePlus Three yang akan diperkenalkan tahun ini," kata Shinta.

Bila OnePlus X yang dipasarkan global sebagai ponsel 4G tetapi menjadi ponsel 3G di Indonesia, langkah serupa tidak dilakukan untuk OnePlus Two yang memiliki spesifikasi jauh di atas OnePlus X.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

OnePlus Two sempat diperkenalkan di Indonesia pada bulan Agustus 2015 oleh Michael Tideback, Expansion Manager OnePlus. 

OnePlus Two terbilang mumpuni dengan harga jual Rp 5,4 juta yakni prosesor Snapdragon 810, RAM 4 GB, penyimpanan internal 64 GB, dan menggunakan lubang USB Type-C.

Sayangnya ponsel tersebut urung masuk ke pasar Indonesia karena terganjal ketentuan TKDN yang mengharuskan produsen ponsel untuk melibatkan komponen lokal dalam rantai produksinya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.