Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Indonesia, Nasib OnePlus Three dan Two Dijanjikan Berbeda

Kompas.com - 29/03/2016, 11:31 WIB

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vendor ponsel asal China OnePlus akhirnya menjual ponsel mereka yakni OnePlus X di Indonesia meski dengan konsekuensi dijual sebagai ponsel yang beroperasi di jaringan selular 3G.

Langkah serupa rupanya tidak akan dilakukan untuk seri flagship mereka, OnePlus Two. Ponsel berjuluk "flagship killer" tersebut gagal masuk Indonesia karena terganjal ketentuan soal tingkat kandungan dalam negeri atau TKDN.

Kepastian itu disampaikan oleh Manajer Komunitas OnePlus Indonesia Shinta Hawa Thandari di sela peluncuran OnePlus X bersama marketplace Blibli.com di Jakarta, Senin (28/3/2016).

OnePlus X yang memiliki spesifikasi hampir sama dengan OnePlus One tapi dengan berbagai penyesuaian dijual di belahan dunia lain sebagai ponsel 4G, tapi menjadi ponsel 3G sewaktu dipasarkan di Indonesia.

Dia memastikan bahwa produk tersebut sudah memenuhi segala persyaratan sebagai ponsel 3G.

"Ini adalah keputusan dari kantor global. Salah satu penyebabnya agar konsumen bisa fokus ke OnePlus X sambil menunggu kehadiran OnePlus Three yang akan diperkenalkan tahun ini," kata Shinta.

Bila OnePlus X yang dipasarkan global sebagai ponsel 4G tetapi menjadi ponsel 3G di Indonesia, langkah serupa tidak dilakukan untuk OnePlus Two yang memiliki spesifikasi jauh di atas OnePlus X.

OnePlus Two sempat diperkenalkan di Indonesia pada bulan Agustus 2015 oleh Michael Tideback, Expansion Manager OnePlus. 

OnePlus Two terbilang mumpuni dengan harga jual Rp 5,4 juta yakni prosesor Snapdragon 810, RAM 4 GB, penyimpanan internal 64 GB, dan menggunakan lubang USB Type-C.

Sayangnya ponsel tersebut urung masuk ke pasar Indonesia karena terganjal ketentuan TKDN yang mengharuskan produsen ponsel untuk melibatkan komponen lokal dalam rantai produksinya.

Shinta beralasan, OnePlus Two bakal mengganggu siklus peluncuran produk karena setelah OnePlus X mereka berancang-ancang untuk memasukkan OnePlus Three.

"Apakah nantinya diperkenalkan sebagai OnePlus Three versi 3G?" Pertanyaan itu pun tidak dijawab pasti oleh Shinta karena saat ini mereka tengah berupaya untuk memenuhi regulasi dari pemerintah.

Yang pasti, dia menyatakan keberatan atas keharusan untuk melibatkan manufaktur atau pengembangan perangkat lunak di Indonesia karena biaya yang harus ditanggung sementara OnePlus sendiri masih terbilang seperti perusahaan rintisan atau startup.

OnePlus X dijual melalui skema jual cepat atau flash sale di blibli.com, Senin siang. Dari harga normal Rp 3,4 juta pengguna bisa mendapatkan peluang rabat hingga Rp 500.000 lebih.

Versi 3G yang dijual di Indonesia pun bukan berarti bahwa perangkat kerasnya mengalami modifikasi sehingga hanya bisa beroperasi di jaringan selular tersebut melainkan hanya dikunci di tingkat perangkat lunak.

Di forum resmi para pengguna OnePlus sudah muncul diskusi tentang cara untuk mengaktifkan fitur 4G untuk OnePlus X. (eld)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com