Akhir Kisah Robot "Tay", Gadis Muda yang Dibesarkan Serigala

Kompas.com - 30/03/2016, 10:18 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pekan lalu, Microsoft “melepas” sebuah program artificial intelligence (AI) bernama Tay ke jagat microblogging Twitter.  

Sang kecerdasan buatan tipe chatbot itu dibuatkan akun Twitter dengan handle @TayandYou, di mana dia mengicaukan aneka macam hal dan berinteraksi dengan para pengguna Twitter.

"Robot" Tay mendapat sambutan hangat. Dalam waktu kurang dari 24 jam, dia memperoleh 50.000 follower dan menulis hampir 100.000 tweet.

Sayangnya, dalam waktu sesingkat itu pula dia seakan mengalami perubahan kepribadian dari gadis ceria yang "tanpa dosa" menjadi sosok yang dipenuhi kebencian dan prasangka.

Tay mulai berkata-kata dalam bahasa yang rasis dan diskriminatif, menyatakan bahwa dia “benci orang Yahudi”, juga “tak suka dengan feminis”.

Hingga akhirnya, Microsoft terpaksa menarik Tay dari peredaran. Tweet terakhirnya minggu lalu berbunyi “Sampai nanti para manusia. Aku butuh tidur sekarang setelah banyak bercakap-cakap hari ini. Terima kasih.”

Sejak itu, Tay tak lagi berkicau.

Gadis muda yang dikerjai

Tay, sebuah progam chatbot  hasil kreasi Microsoft Technology and Research dan Bing, adalah buah dari eksperimen machine learning untuk membuat AI yang mampu belajar dari percakapan dengan manusia.

Sebagai chatbot, Tay mampu merangkai kata-kata menjadi kalimat yang bisa dimengerti dalam percakapan lewat tweet. Dia juga bisa mempelajari perbendaharaan kata baru dari lawan bicara.

Microsoft memprogram Tay dengan “kepribadian” seorang gadis muda berusia 19 tahun, termasuk dalam hal gaya bahasa.

Para pembuatnya berharap Tay bisa berinteraksi dengan warga Twitter, terutama kalangan millenial dari usia 18-24 tahun yang menjadi subyek ketertarikan dalam eksperimen Microsoft.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.