Layanan Streaming Musik Spotify Resmi Masuk Indonesia

Kompas.com - 30/03/2016, 13:02 WIB
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan streaming musik Spotify, hari ini Rabu (30/3/2016) resmi hadir di Indonesia. Dendangan lagu dari Spotify bisa diakses melalui perangkat berbasis Apple iOS, Android, dan PC.

"Orang Indonesia suka musik, potensinya sangat besar, karena itu kami berekspansi ke sini (Indonesia)," ujar Sunita Saur, Managing Director Spotify Asia di acara peluncuran resmi Spotify di Jakarta.

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna Spotify di Indonesia, Sunita mengatakan pihaknya telah menyediakan berbagai playlist yang sesuai untuk bermacam kebutuhan, seperti saat bangun pagi, musik berdasar mood/perasaan hati, hingga playlist yang bisa didengar saat terjebak macet pun ada.

Spotify di Indonesia juga menyediakan playlist yang di dalamnya terdapat lagu-lagu Indonesia populer dari berbagai genre, mulai pop, rock, hingga lagu dangdut.

Saat ditanya berapa katalog musik lokal yang dimiliki Spotify, Sunita tidak menjawab angka pastinya. Namun Sunita mengatakan, sebelum hadir di suatu negara Spotify selalu memastikan katalog musiknya sudah banyak dan sesuai dengan standar Spotify di berbagai negara.

"Butuh waktu cukup lama sebelum kami resmi hadir di Indonesia, persiapannya sudah hampir dua tahun lalu," kata Sunita.

Selain musik dari artis-artis lokal, tentunya koleksi lagu-lagu Spotify dari artis di berbagai negara juga bisa diakses. Spotify mengklaim memiliki hingga 30 juta koleksi lagu di "perpustakaannya."

Selain di platform mobile, tablet dan desktop, Spotify juga hadir di PlayStation Music di konsol PS3 dan PS4.

Kehadiran Spotify di Indonesia meramaikan persaingan layanan streaming musik. Seperti diketahui, selain aplikasi yang identik dengan warna hijau ini, ada juga Apple Music, Joox, Langit Musik, dan Guvera.

Aplikasi Spotify bisa diunduh melalui Google Play Store, Apple App Store, atau melalui PC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.