Jual Musik Streaming di Indonesia, Spotify Sudah Urus Izin?

Kompas.com - 30/03/2016, 14:36 WIB
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadirnya layanan musik streaming Spotify di Indonesia memunculkan pertanyaan seputar regulasi pemerintah tentang aplikasi over the top (OTT) asing yang beroperasi di Tanah Air.

Menjawab pertanyaan tersebut, Managing Director Spotify Asia, Sunita Kaur menegaskan hadirnya Spotify di Indonesia sudah memenuhi syarat yang berlaku saat ini, termasuk soal perpajakan.

Apa pun peraturan baru yang dikeluarkan pemerintah Indonesia nanti, Spotify akan selalu mematuhinya.

"Apalagi kami juga bekerja sama dengan operator lokal (Indosat Ooredoo), semoga mempermudah jalan kami," kata Sunita kepada KompasTekno di sela acara peluncuran Spotify di Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Sebagaimana diketahui, wacana yang muncul saat ini pemerintah akan mengatur agar setiap OTT yang beroperasi di Indonesia harus memegang izin sebagai Badan Usaha Tetap alias memiliki kantor perwakilan di Indonesia, serta menjadi objek pajak.

Mekanisme lain yang ditawarkan pemerintah adalah dengan cara joint venture dengan perusahaan lokal atau melalui kerja sama dengan operator telekomunikasi.

Spotify dalam hal ini telah bekerja sama dengan operator seluler lokal Indosat Ooredoo.

Terkait apakah Spotify juga akan membuka kantor di Indonesia, Sunita belum bisa memastikan dan masih menunggu keputusan regulasi yang dibuat pemerintah.

"Saat ini kami belum bisa berjanji (buka kantor di Indonesia), namun kami akan mematuhi apa pun keputusan akhirnya nanti," ujar Sunita.

Sementara CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli juga mengatakan hal yang sama. "Apa pun bentuk regulasinya nanti akan dipatuhi."

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian komunikasi dan Informatika dan Kementerian keuangan sedang menyiapkan Peraturan Menteri tentang aturan OTT dan perusahaan internet lain yang beroperasi di Indonesia. Aturan tersebut rencananya dikeluarkan pada akhir Maret ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.