Manfaat dan Mudarat "Turn On Post Notification" di Instagram

Kompas.com - 30/03/2016, 15:51 WIB
Fitur Post Notification di Instagram yang ramai-ramai diminta diaktifkan bisa diakses dari menu Setting di pojok kanan atas. InstagramFitur Post Notification di Instagram yang ramai-ramai diminta diaktifkan bisa diakses dari menu Setting di pojok kanan atas.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pengguna dibuat heboh dengan permintaan "Turn On Post Notification" dari para pemilik akun Instagram awal pekan ini. Permintaan tersebut berawal dari rencana Instagram mengubah format linimasanya.

Instagram berencana tak lagi menampilkan konten terbaru di linimasa teratas, melainkan konten yang paling diminati netizen. Unggahan teman sejak berjam-jam lalu bisa muncul di linimasa teratas, mengalahkan unggahan teman lainnya beberapa detik lalu.

Karenanya, pengguna Instagram, terutama pemilik akun bisnis/merek, beramai-ramai meminta para pengikut mengaktifkan notifikasi bagi akun mereka tiap kali membagi konten. Jika tidak, mereka khawatir konten yang dibagi terlewat begitu saja.

Seperti koin dua sisi

Di satu pihak, ada yang beranggapan "Turn On Post Notification" adalah solusi terbaik untuk mengatur linimasa. Sebab dari ratusan orang yang diikuti, tentu ada segelintir orang yang dianggap unggahannya paling penting.

Instagram ingin unggahan paling penting tersebut tak terlewatkan begitu saja. Untuk itu, akun-akun terpenting ini dipantau melalui "Turn On Post Notification".

Namun di pihak lain, "Turn On Post Notification" juga bisa membuat bingung. Bayangkan jika Anda mengaktifkan notifikasi untuk unggahan yang dibagi ke sepuluh orang. Pada waktu berdekatan, ketika kesepuluh orang itu mengunggah konten ke Instagram, smartphone atau tablet akan dibanjiri notifikasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika sudah begini, notifikasi Instagram sama mengganggunya dengan SMS dari operator telekomunikasi yang begitu rajin mampir ke ponsel. Belum lagi jika ponsel atau tablet tak disetel silent.

Bunyi notifikasi beruntun lama-lama bisa membuat kesal. Belum lagi baterai yang jadi lebih boros.

Bijak mengaktifkan "Turn On Post Notification"

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.