Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Begini Cara Mencari dan Menambahkan Teman Snapchat

Kompas.com - 30/03/2016, 21:08 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sejak awal 2015, Snapchat mulai digandrungi masyarakat Indonesia, terutama kalangan remaja (18 sampai 25 tahun). Layanan tersebut menawarkan pengalaman berkomunikasi maya yang lebih nyata.

Tak melulu lewat teks dan foto, netizen bisa saling berbagi video aktivitas sehari-hari. Apalagi, Snapchat menyediakan beragam filter yang menggemaskan untuk melengkapi foto dan video.

Namun, ada hal yang masih mengganjal. Netizen kerap kesulitan mencari akun Snapchat teman. Sebab, warga Snapchat seringkali membuat nama akun yang tak sesuai nama asli. Misalnya saja akun Snapchat artis kawakan Dian Sastrowardoyo yang bertajuk "inidisas".

Tentu hal itu menyulitkan. Apalagi, Snapchat belum menyediakan fitur "suggestion friends" layaknya Facebook dan Twitter.

Tapi bukan berarti Snapchat tak menyediakan cara mudah mencari teman. Bahkan, ada beberapa cara yang ditawarkan. Pengguna cukup menggulir laman utama aplikasi ke bawah dan pilih "Add Friends". Di dalamnya akan muncul beberapa mekanisme menambahkan teman.

Pertama, "Add by Username". Mekanisme ini mengharuskan pengguna mengetahui nama akun teman yang hendak ditambahkan. Misalnya ingin mengintip aktivitas penyanyi Raisa, pengguna harus menuliskan nama akun "raisabackstage".

Kedua, "Add from Address Book". Mekanisme ini adalah yang paling mudah dibandingkan mekanisme lainnya. Snapchat akan menampilkan akun-akun terdaftar yang sesuai dengan daftar kontak di smartphone pengguna. Cukup tekan tanda "+" jika ingin menambahkan sebagai teman.

Ketiga, "Add by Snapcode". Mekanisme ini cukup ruwet. Pengguna harus menyimpan foto kode Snapchat seseorang. Kode tersebut pasti dimiliki tiap pengguna Snapchat. Selanjutnya, Snapchat akan memindai kode itu untuk menambahkan seseorang sebagai teman.

Biasanya para artis memamerkan gambar kode Snapchat mereka di berbagai media sosial. Pengguna harus menyimpan gambar tersebut untuk kemudian dipindai ke akun Snapchat melalui mekanisme "Add by Snapcode".

Keempat, "Add Nearby". Mekanisme ini mengandalkan radius lokasi. Snapchat akan mendeteksi akun Snapchat terdaftar yang berada dekat dengan pengguna. Selanjutnya, terserah apakah pengguna ingin menambahkan seseorang sebagai teman atau tidak.

Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke