Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S7 Bakal Ada Versi Mediatek?

Kompas.com - 31/03/2016, 07:37 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com - Galaxy S7 dari Samsung tersedia dalam dua pilihan prosesor, yakni Snapdragon 820 atau Exynos 8890, tergantung wilayah pemasaran.

Kalau kabar yang satu ini benar adanya, Samsung mungkin sedang menyiapkan varian lain dari Galaxy S7 yang dibekali chip buatan MediaTek.

Informasi tersebut berasal dari bocoran sebuah hasil benchmark software GeekBench, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Kamis (31/3/2016).

Di dalamnya tampak perangkat berkode nama “SM-G930W8” (Galaxy S7). Kode “W” disematkan Samsung untuk versi flagship tersebut yang dipasarkan di Kanada. Negara ini kebagian Galaxy S7 dengan chip Exynos 8890.

Tapi, di antara deretan prosesor octa-core (Exynos), bocoran benchmark ternyata juga menampilkan sejumlah perangkat SM-G930W8 yang menggunakan chip deca-core (10-core) dengan kode MT6797 dan MT6797T.

Kedua chip deca-core ini dikenal dengan nama MediaTek Helio X20 dan X25. Skor benchmark mereka masing-masing berada sedikit di bawah atau sebanding dengan Exynos 8890.

Terlihat pula bahwa chip MediaTek dipasangkan dengan jumlah RAM 3 GB yang lebih kecil dibandingkan varian chip Exynos.

Belum jelas apakah bocoran ini benar-benar valid atau tidak. Yang jelas, MediaTek Helio X20 dan X25 belum dipakai di smartphone yang sudah tersedia secara komersil.

Pembuatnya mengatakan bahwa prosesor-prosesor baru tersebut baru akan mulai bermunculan di pasar pada April mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com