Ini Rahasia Developer Lokal Perluas Bisnis ke Ranah Global

Kompas.com - 31/03/2016, 15:27 WIB
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu tantangan bagi pengembang aplikasi lokal adalah mengekspansi bisnis ke ranah global. Pasalnya, kondisi sosial, budaya, dan ekonomi di pasar lokal berbeda dengan global.

Pun begitu, nyatanya beberapa produk lokal mampu mendulang sukses di kancah internasional.

Tiga di antaranya adalah aplikasi edit foto "PicMix" buatan Inovidea Magna Global, game balap "Mini Racing Adventures" buatan Minimo, dan game nuansa kuliner "Ramen Chain" buatan Touchten.

Punya rating tinggi

Saat ini PicMix sudah diunduh 5 juta kali lewat toko aplikasi Google Play Store. Lebih dari 114 ribu pengguna mengulas aplikasi tersebut dan menghasilkan rating 4,2.

Jumlah pengunduh yang sama juga diraup Mini Racing Adventures. Lebih dari 100 ribu pengguna mengulas game tersebut dan terbukti cukup puas karena berhasil mencapai rating 4,3.

Tak kalah, Ramen Chain pun menghimpun rating 4,2 dari sekitar 42 ribu pengguna yang mengulas. Game tersebut telah diunduh satu juta kali di perangkat Android.

Lantas, apa strategi ketiganya meraup basis pengguna global?

Menurut CEO Touchten Anton Soeharyo, jika dari awal berambisi memboyong produk untuk pasar internasional, maka bungkusan produk harus menarik di mata global.

Ia mencontohkan konsep Ramen Chain. Nama game tersebut sudah mengindikasikan unsur budaya Jepang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.