Kompas.com - 01/04/2016, 14:50 WIB
Ilustrasi prosesor Intel Xeon IntelIlustrasi prosesor Intel Xeon
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno


KOMPAS.com - Prosesor dengan 8 inti CPU? Ah, itu sudah biasa. Intel baru saja memperkenalkan chip dengan core CPU berjumlah sangat banyak untuk ukuran sekarang, mencapai 22 buah. Xeon E5-2600 V4 namanya.

Seperti dirangkum KompasTekno dari PC World, Jumat (1/4/2016), ke-22 core Xeon E5-2600 V4 dibuat dengan arsitektur Broadwell serta berjalan dengan kecepatan 22 GHz.

Masing-masing inti tersebut dibekali pula dengan Hyper-Threading sehingga jumlah thread yang tersedia secara simultan mencapai 44. Spesifikasi lain dari Xeon E5-2600 V4 mencakup cache sebanyak 55 megabyte dan TDP 145 watt.

Ada pula dukungan RAM DDR4 2.400 MHz hingga 4 slot DIMM per socket prosesor. Kapasitas RAM yang bisa dipakai mencapai 384 GB dengan kepingan modul 32 GB.

Harganya? Intel membanderol Xeon E5-2600 V4 seharga 4.115 dollar AS atau setara Rp 54 juta. Dengan kata lain, tiap core CPU yang tertanam di dalamnya dihargai Rp 2,5 juta.

Tentu, dengan spesifikasi dan harga setinggi itu, Xeon E5-2600 V4 bukan ditujukan bagi pengguna rumahan, melainkan untuk dipakai di lingkungan workstation atau server enterprise.

Keluarga prosesor Xeon dari Intel juga akrab dengan pengguna prosumer. Lini komputer MacPro dari Apple, misalnya, sudah sejak lama menawarkan chip Xeon dengan jumlah core CPU yang banyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PC World
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.