Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Tantang “Robot” Google yang Kalahkan Juara Dunia Go

Kompas.com - 02/04/2016, 08:45 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - AlphaGo sukses membuat juara dunia board game tradisional Go, Lee Sedol, bertekuk lutut. AlphaGo bukan manusia, melainkan sebuah “robot”, program Artificial Intelligence (AI) buatan Google.

Tak lama lagi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters, Sabtu (2/4/2016), AlphaGo bakal segera kedatangan penantang baru dari China.

Sebuah tim berisi para ahli TI Negeri Tirai Bambu rencananya akan mengajukan tantangan kepada AlphaGo pada akhir tahun ini.

Tantangan yang disuarakan dalam sebuah acara gelaran Chinese Go Association dan Chinese Association for Artificial Intelligence itu masih berkisar soal adu pintar dalam game Go.

Sebelumnya, AlphaGo yang dikembangkan oleh anak perusahaan Google, DeepMind, mengejutkan khalayak saat ia sukses menekuk Lee Sedol dalam sebuah seri pertandingan di Seoul, Korea Selatan, awal bulan ini.

Padahal, Go sebelumnya dipandang sebagai game antik yang sangat rumit dan sulit untuk dimengerti oleh komputer. Para ahli pun tak menyangka sebuah program AI sudah bisa mengalahkan pemain profesional.

Selain Google, raksasa-raksasa teknologi lain juga terlibat dalam pengembangan AI, termasuk Microsoft, juga Baidu yang merupakan ekuivalen Google di China. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.