Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Uber Nakal Bawa Penumpang Keliling Kota sampai Rp 1,9 Juta

Kompas.com - 02/04/2016, 20:37 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com — Seorang penumpang Uber di London, Inggris, harus bayar 102 poundsterling atau setara Rp 1,97 juta untuk pulang ke rumah. Padahal, jarak dari tempat penjemputan ke rumahnya hanya sekitar enam kilometer.

Biasanya, ia hanya perlu membayar 15 poundsterling atau sekitar Rp 290.000.

Setelah ditelisik, ternyata sang sopir berbuat curang. Si penumpang dibawa keliling kota terlebih dahulu sebelum diantar ke rumah. Jarak tempuhnya mencapai 32 kilometer atau lebih dari lima kali jarak tempuh seharusnya.

Penipuan ini terjadi karena ada kesempatan. Sang sopir memanfaatkan kondisi si penumpang yang memesan Uber dalam keadaan setengah mabuk.

Baca: Akal-akalan yang Dilakukan Sopir Taksi Berbasis Aplikasi

Si penumpang yang tak berdaya kemudian terlelap dan baru benar-benar sadar keesokan paginya. Pasca-mengecek kredit pembayaran Uber, ia terbelalak dan berang karena merasa ditipu.

Buru-buru ia membagi screenshot rute perjalanannya ke Twitter. Kicauan itu kemudian ramai diperbincangkan. Uber pun bersedia bertanggung jawab.

Sebagaimana dilaporkan BGR dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (2/4/2016), layanan transportasi berbasis aplikasi tersebut mengembalikan duit si penumpang yang sebelumnya telah dipotong via kredit. Uber juga mengatakan bakal menginvestigasi dan menindaklanjuti sopir-sopir tak bertanggung jawab.

Baca: Pengguna Uber Protes, Kasablanka-Setiabudi Ditagih Rp 595.000

Kejadian seperti ini sebenarnya bukanlah yang pertama. Sebulan lalu, peristiwa serupa dialami penumpang Uber di Washington DC, AS.

Si penumpang tertidur dan harus bayar 171 dollar AS atau setara Rp 2,2 juta untuk jarak tempuh 114 kilometer. Padahal, jarak tempuh ke rumahnya tak sampai dua kilometer.

Baca: Tips Menghindari Jebakan Argo Kuda Sopir Uber

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BGR

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com