Kompas.com - 03/04/2016, 09:20 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Setelah Helio X20 dan X25, MediaTek dikabarkan bakal meluncurkan chip mobile high-end baru bernama Helio X30 yang sama-sama mengusung arsitektur “deca-core” (dengan 10 inti CPU) seperti kedua pendahulunya itu.

Informasi terbaru yang dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (3/4/2016) menyebutkan bahwa pabrikan asal Taiwan itu telah mulai mengerjakan Helio X30.

Chip ini diperkirakan bakal mulai muncul di produk-produk smartphone pada awal 2017. Helio X20 dan X25 sendiri hingga sekarang masih belum terlihat di pasaran.

Helio X30 diduga bakal memakai desain CPU tri-cluster dengan 2 core Artemis berkecepatan 2,8 GHz, empat core Cortex-A53 berkecepatan 2,2 GHz, dan 4 core Cortex-A35 berkecepatan 2 GHz.

Artemis merupakan core CPU penerus Cortex-A72 rancangan ARM dan digadang-gadang menjadi tandingan desain core CPU Kyro dari Qualcomm (Snapdragon 820).

Adapun Cortex-A35 disebut lebih efisien daya dibandingkan Cortex-A7 pendahulunya, tapi memiliki kinerja yang 40 persen lebih kencang.

Untuk olah grafis, Helio X30 kabarnya bakal dibekali dengan GPU quad-core PowerVR 7XT serta mendukung resolusi kamera hingga 26 megapiksel, dual-camera, dan koneksi virtual reality.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.