Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FBI Tidak Bisa Lama-lama Bobol iPhone Teroris

Kompas.com - 04/04/2016, 14:22 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Biro Penyelidik Federal Amerika Serikat FBI mengklaim sudah menemukan cara membongkar enkripsi data yang dimiliki perangkat Apple iPhone. Namun, hal itu nampaknya hanya untuk sementara waktu.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Senin (4/4/2016), Apple saat ini sedang berusaha menambal lubang yang dimanfaatkan oleh FBI untuk menjebol enkripsi data dalam iPhone 5C.

Beberapa ahli keamanan, baik dari dalam maupun luar Apple, mengatakan bahwa begitu lubang keamanan itu diperbaiki, pihak berwajib tidak akan bisa lagi membobol data dalam iPhone.

"FBI harus menghadapi kenyataan bahwa celah itu hanya akan terbuka dalam beberapa bulan saja, seperti mendapat jackpot di (kasino) Vegas saja, backlog-nya akan dipakai sia-sia" kata seorang ahli forensik independen.

Teknik Backlog dari iOS tersebut kemungkinan besar telah diberikan FBI ke agensi lain di seluruh dunia, sehingga mengancam keamanan produk-produk Apple.

"Kelemahan seperti ini siklusnya hanya sementara saja," kata salah satu insinyur di Apple.

FBI memang tidak bersedia mengatakan bagaimana cara mereka membobol enkripsi iPhone 5C milik teroris pelaku pengeboman di San Bernardino, tetapi mereka mau tak mau harus membeberkannya di persidangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com