Kompas.com - 05/04/2016, 12:20 WIB
Taliban menyatakan app itu adalah usahanya mencapai dunia dengan menggunakan teknologi canggih. BBCTaliban menyatakan app itu adalah usahanya mencapai dunia dengan menggunakan teknologi canggih.
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Alemarah, sebuah aplikasi untuk telepon Android yang diciptakan kelompok fundamentalis Islamis Taliban, telah dicabut dari Play Store Google.

Isi app dalam bahasa Pashto tersebut diantaranya berisi pernyataan resmi dan video dari gerakan Afghanistan itu.

Kelompok garis keras tersebut berpendapat 'masalah teknis' yang menjadi penyebab menghilangnya app itu tidak lama setelah diluncurkan pada tanggal 1 April.

Meskipun demikian BBC mengetahui bahwa aplikasi dicabut karena melanggar kebijakan app Google yang melarang penyebaran kebencian.

Alemarah ditemukan dan dilaporkan oleh organisasi bernama Site Intel Group di Amerika Serikat yang mengawasi gerakan jihadis.

Google menolak mengomentari masalah app secara khusus.

"Kebijakan kami dirancang untuk memberikan pengalaman yang menarik bagi para pengguna dan pengembang. Karena itulah kami mencabut app di Google Play yang melanggar kebijakan ini," demikian isi pernyataannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Juru bicara Taliban mengatakan kepada Bloomberg bahwa aplikasinya adalah 'bagian dari usaha teknologi canggihnya guna mencapai pemakai yang lebih mendunia'.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.