Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Reska K. Nistanto

Wartawan teknologi dan pehobi dunia penerbangan.

kolom

Tabrakan Batik Air dan TransNusa, Bahaya Tersembunyi di Bandara Halim

Kompas.com - 05/04/2016, 14:02 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
EditorReza Wahyudi

Tabrakan antara pesawat Boeing 737-800 Batik Air dengan ATR42-600 Transnusa di bandara Halim Perdanakusuma Jakarta bagi pemerhati penerbangan tidaklah mengejutkan. Pasalnya, selama ini, karakteristik dan operasional bandara Halim menyimpan sebuah potensi bahaya.

Di kalangan pelaku industri penerbangan (pilot, petugas operasional penerbangan, mekanik, dan sebagainya) yang sehari-harinya beraktivitas di bandara Halim Perdanakusuma, mereka sebenarnya telah menyadari bahwa ada potensi hazard yang tinggal menunggu terjadi.

Potensi itu semakin tinggi kemungkinannya saat pergerakan pesawat semakin banyak.

Pada April 2014 lalu, saat Citilink mulai beroperasi di Halim, pergerakan pesawat hanya 32 penerbangan setiap hari, kini setelah Batik Air beroperasi di bandara tersebut, pergerakan pesawat menjadi sekitar 60 penerbangan setiap hari.

Belum lagi ditambah dengan pergerakan pesawat latih, militer, helikopter, VIP, atau VVIP di bandara tersebut. Hampir mencapai kapasitas pergerakan maksimalnya yang 74 penerbangan setiap hari.

Seperti diberitakan, Senin (4/4/2016), ujung sayap B737 Batik Air menabrak vertical stabilizer (sayap tegak) ATR42-600 Transnusa saat sedang takeoff run. Pesawat ATR42-600 Transnusa saat itu sedang ditarik towing truck melintasi runway.

istimewa/twitter Sayap kiri pesawat Boeing 737-800 Batik Air yang bertabrakan dengan pesawat ATR42-600 TransNusa di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (4/4/2016).
AvHerald ATR42-600 Transnusa yang bertabrakan dengan B737 Batik Air.
Beruntung insiden tersebut tidak sampai merenggut korban jiwa, hanya kerugian materi dari kedua pihak dari kerusakan pesawat.

Insiden tersebut sekaligus membuka mata kita, bahwa dengan semakin meningkatnya pergerakan di suatu bandara, dibutuhkan juga perbaikan atau peningkatan sarana pendukungnya.

Potensi bahaya tersembunyi

Operasional di Halim Perdanakusuma berbeda dengan operasional di bandara lain di Indonesia pada umumnya, yang hanya memiliki satu apron (tempat parkir pesawat).

Halim Perdanakusuma memiliki apron di sisi utara dan selatan yang dipisahkan oleh runway (24 - 06) yang berlokasi di tengah-tengah.

Google Maps Layout bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.
Dengan adanya dua apron yang terpisah oleh runway, lalu lintas pesawat tak hanya paralel dengan runway, melainkan juga melintas (crossing) runway.

Selain itu, selama ini operasional pergerakan pesawat di darat di bandara Halim berbeda dari standar di bandara pada umumnya. Di bandara-bandara besar lain terdapat frekuensi radio khusus untuk mengatur pergerakan pesawat, atau biasa disebut Ground Frequency.

Nah, di bandara Halim ini, ATC Ground dan Tower digabung menjadi satu (118,6 MHz), namun tugasnya tidak sepenuhnya menangani operasional darat dan udara.

Tugas Tower yang merangkap Ground itu hanya mengontrol lalu-lintas penerbangan yang hendak terbang (pergerakan dari parkir, berjalan di taxiway hingga takeoff) dan setelah mendarat (keluar dari taxiway dan taxi menuju apron).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com