Kompas.com - 06/04/2016, 07:20 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Layanan pesan instan BlackBerry Messenger menggratiskan fitur privasi yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh pelanggan berbayar.

Fitur-fitur yang bisa dinikmati secara gratis di antaranya adalah "Retract" dan "Timer".

Fitur "Retract" berguna untuk menarik pesan yang terlanjur dikirim. Sementara, "Timer" berguna untuk membatasi beredarnya pesan, mirip fungsi dari aplikasi Telegram atau Snapchat.

"Rilis baru ini memberikan privasi lebih dan kontrol kepada pengguna BBM tanpa harus berlangganan," kata Matthew Talbot, Senior Vice President BlackBerry, seperti dikutip KompasTekno dari blog BlackBerry, Selasa (5/4/2016).

Selain fitur "Retract" dan "Timer", pengguna BBM juga bisa mengakses fitur "Private Chat" dan "Edit".

Fitur "Private Chat" membuat nama dan avatar tidak muncul di percakapan. Sedangkan, "Edit" berguna utnuk meng-edit teks yang telah dikirim.

Pembaruan lain yang diberikan BlackBerry adalah meneruskan pesan (Forward message) dan peningkatan performa, termasuk perbaikan bug.

Fitur-fitur privacy yang disebutkan di atas sebenarnya sudah tersedia sejak Oktober 2014 lalu. Namun, fitur tersebut hanya bisa digunakan oleh pelanggan berbayar BlackBerry Messenger.

Dengan memberikan fitur-fitur berbayar menjadi gratis, mampukah BlackBerry mencegah pengguna setianya beralih ke platform messaging lain yang semakin diminati, seperti WhatsApp, Facebook Messenger, atau Snapchat?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.