Twitter Keluarkan Tombol "Direct Message" dari Persembunyian

Kompas.com - 06/04/2016, 12:49 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Twitter merombak tampilan antarmukanya dengan menempatkan tombol Messages di halaman linimasa utama pengguna. Sebelumnya, tombol tersebut (logo amplop) tersembunyi di halaman Profil.

Dengan menempatkan tombol Messages atau Direct Message ini di halaman utama, Twitter berharap semakin banyak yang menggunakan fiturnya itu untuk berbagi tweet secara pribadi.

Dikutip KompasTekno dari blog Twitter, Selasa (6/4/2016), fitur pengirim pesan pribadi itu penggunanya bertambah 60 persen pada tahun 2015 lalu.

"Banyak orang yang memilih untuk berkomunikasi secara privat dengan teman, keluarga, brand, dan siapa saja yang mereka anggap menarik," tulis Twitter.

Sementara, Twitter mengklaim jumlah tweet yang dibagi secara pribadi atau rahasia meningkat pesat sebanyak 200 persen di semester kedua 2015 lalu.

Karena tingginya jumlah DM dan tweet yang bersifat pribadi itu, Twitter pun mempertimbangkan tombol DM untuk ditaruh di halaman utama atau linimasa.

Di versi Twitter mobile, jika menekan tombol amplop di bawah tweet, pengguna bisa memilih dengan siapa kicauan itu ingin dibagikan. Mereka juga bisa memberikan komentar tentang tweet tersebut.

Sementara di versi desktop, fitur tersebut akan hadir sebagai ikon elipsis di samping tombol "Love" berbentuk hati di bawah tweet. Tombol Message khusus ini tersedia untuk Twitter di platofrm Android dan iOS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.