Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Uji Coba 3 Layanan "Internet of Things"

Kompas.com - 06/04/2016, 16:35 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - XL Axiata (XL) memperkenalkan tiga solusi Internet of Things (IoT) terbaru milik perusahaan, yaitu YuBox, Savvy Smartphone, dan Xmart City. Solusi apa yang ditawarkan oleh XL dengan ketiga produk itu?

Pertama-tama, YuBox adalah koneksi WiFi untuk memberi akses ke internet, musik, video dan aplikasi pada pengguna yang mengaksesnya.

Pengguna bisa menikmati hiburan tersebut dalam bentuk aliran (streaming) atau langsung diunduh ke dalam gadget mereka. Saat ini solusi tersebut sedang diuji coba di GrabCar dan sejumlah transportasi umum.

“Kami sedang menguji YuBox di GrabCar, sebagai alat hiburan bagi penggunanya. Tapi saat ini masih sedikit, baru puluhan saja yang pakai,” terang Head of IoT XL, Arifah Febriyanti kepada KompasTekno di sela-sela acara Media Update IoT XL, Rabu (6/4/2016).

Yang kedua, Savvy Smartphone merupakan aplikasi yang terhubung ke komputasi awan dan bisa dipakai mengendalikan sejumlah peralatan rumah tangga secara nirkabel.

Sebagai contoh, untuk mengatur suhu AC di rumah, menyalakan atau memadamkan lampu, mengakses kamera pengawas serta mengendalikan televisi. Semua bisa dilakukan dari jarak jauh asalkan terdapat koneksi internet.

Saat ini solusi Savvy baru diuji coba di apartemen The Residence at Synthesis Square dan akan dipasang juga di Apartemen Bassura City yang masih dalam pengembangan.

Sedangkan Xmart City merupakan program penerapan IoT sesuai dengan kebutuhan kota yang meminta. Program yang satu ini sudah berjalan di Lombok, Banjarmasin, Balikpapan dan Yogyakarta.

Solusi tersebut baru ditawarkan kepada pengguna segmen korporat. Meski demikian, XL tak menutup kemungkinan untuk menawarkan berbagai solusi IoT itu kepada pengguna perorangan atau konsumer.

“Untuk IoT, saat ini kami fokus pada YuBox, Savvy dan Xmart City. Kami juga ingin memperbesar market, karena secara produk, solusi ini juga bisa dinikmati oleh retail market atau perorangan,” imbuh Arifah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com