Kompas.com - 07/04/2016, 12:23 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Alih-alih kacamata pintar berkamera seperti Google Glass, Samsung rupanya lebih tertarik mengembangkan lensa kontak yang bisa mengambil gambar, langsung dari depan mata penggunanya.

Informasi yang dihimpun KompasTekno dari Daily Mail, Kamis (7/4/2016) menyebutkan bahwa perusahan asal Korea Selatan ini mematenkan desain sebuah perangkat contact lens yang dibekali layar, kamera, sensor pendeteksi gerakan, dan antena.

Kamera contact lens atau mungkin bisa pula disebut lensa kontak pintar ini bisa dikendalikan lewat gerakan, misalnya dengan mengedipkan mata.

Selain meneruskan gambar ke mata pengguna, perangkat yang bersangkutan juga bisa menjepret foto dan mengirimkannya ke gadget pendamping seperti smartphone.

Samsung Skema lensa kontak berkamera dari Samsung dalam aplikasi paten perangkat yang bersangkutan

Belum jelas apakah lensa kontak pintar Samsung bakal benar-benar terwujud atau tidak. Apabila memang hadir di pasaran, kemungkinan ia akan tersandung masalah privasi karena bisa dipakai mengambil gambar diam-diam, seperti yang dialami oleh Google Glass.

Selain Samsung, Google sendiri diketahui telah mematenkan perangkat serupa. Hanya saja, peruntukannya sedikit berbeda.

Perangkat lensa kontak pintar yang dipatenkan Google ditujukan untuk memonitor kadar gula penderita diabetes. Namun, Google juga mempertimbangkan untuk menanam kamera di lensa kontak agar bisa memberikan “kemampuan melihat” bagi tuna netra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.