Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juli, Laptop Tertipis di Dunia Besutan HP Masuk Indonesia

Kompas.com - 07/04/2016, 14:56 WIB
|
EditorReza Wahyudi

MACAU, KOMPAS.com - Produk laptop premium terbaru dari Hewlett-Packard (HP), yaitu HP Spectre, akan masuk ke pasaran sebagai laptop tertipis di dunia. Produk dari salah satu perusahaan raksasa teknologi AS itu akan memasuki pasar Indonesia akhir Juli tahun ini.

Namun untuk pasar internasional pre-order sudah dapat dilakukan pada 25 April dan harga yang ditawarkan adalah 1.170 dollar AS atau sekitar Rp 15,4 juta. Belum ada informasi harga HP Spectre saat masuk Indonesia nanti.

Spectre memiliki ketebalan 10,4 mm. Dengan ketebalan seperti itu, Spectre menjadi komputer kelas menengah atas paling ramping dibanding produk,  sejenisnya seperti Yoga 2-in-1 dari Lenovo yang berketebalan 14,9 mm, Zenbook UX305FA dari Asus yang 12,3 mm, dan bahkan Macbook terbaru yang berketebalan 13,1 mm.

Lapisan bawahnya yang terbuat dari serat karbon menjadikannya tipis serta ringan tapi awet. Berat totalnya hanya 1,1 kg. Dari segi berat, Spectre masih kalah ringan dibanding MacBook yang berbobot 0,98 kilogram. (Baca: HP Rilis Laptop Spectre, Lebih Tipis dari MacBook Terbaru.)

Anneliese Olson, General Manager Umum dan Vice President of Personal Sytems Business HP untuk Asia Pasifik dan Japan, mengungkapkan alasan Spectre dirancang menjadi sangat tipis, saat ditemui di Macau, Kamis (7/4/2016).

Olson mengatakan, pasar saat ini membutuhkan komputer yang mudah dibawa ke mana-mana. Pekerjaan dan kehidupan kini seakan tanpa batas, berbaur menjadi satu atau dikenal dengan istilah one life.

Dalam dunia yang seakan tanpa sekat itu, para tenaga kerja sekarang, yang terdiri dari generasi milennial yang terus berkembang, mengharapkan teknologi yang mereka gunakan dapat memenuhi kebutuhan bisnis maupun personal. Segmen itulah yang hendak disasar HP.

“Generasi milennial menginginkan perangkat yang mereka gunakan harus bergaya dan mempesona, dan memberikan mereka kebebasan untuk berkreasi dan mengekspresikan aspirasinya. Jika mereka ingin menggunakan perangkat mereka untuk bekerja, mereka juga ingin yakin bahwa perangkat tersebut cukup aman untuk bekerja dan dapat mendukung mereka berkolaborasi dengan mudah,” kata Olson.

Kompas.com/Egidius Patnistik Spectre dari HP merupa laptop paling tipis di dunia.

“Di HP, kami terus terdorong untuk berinovasi melampaui batasan yang ada dalam aspek desain, produktivitas, keamanan dan hiburan untuk membangun produk-produk inovatif untuk one life, sehingga para pelanggan kami mendapatkan pengalaman komputasi yang sempurna, baik untuk bekerja ataupun bermain,” tambah Olson.

Spectre terbuat dari serat karbon dan aluminium dengan pilihan warna hitam dan tembaga. Warna tembaga sengaja dipilih karena mengikuti selera pasar. Laptop itu menggunakan casis aluminium dari mesin CNC beraksen Ash Silver dan Copper.

Ketahanan baterei Spectre diklaim hingga 9,5 jam. Prosesornya menggunakan Intel Core i5 dan i7. Tampilannya memanjakan mata dengan layar edge-to-edge diagonal full HD berukuran 13.3 dan audio dari Bang & Olufsen.

Selain Spectre, HP hari ini juga memperkenalkan HP Elite Folio, HP Elite x3, Hp Elite x2 10112, dan HP ENVY.

Elite Folio merupakan notebook kelas bisnis paling tipis dan ringan dengan ketebalan 12,4 mm dan berat di bawah 1 kg. Elite x3 merupakan perangkat mobile khusus untuk bisnis dengan Windows 10. Elite x3 menjembatani fungsi phabtlet, laptop dan desktop dalam satu perangkat komputasi.

Adapun generasi terbaru HP ENVY menawarkan desain metal ramping dengan kekuatan dan performa besar, serta display kaca flush edge to edge.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.