Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 "Jalan Pintas" Penting di Browser Firefox

Kompas.com - 07/04/2016, 20:27 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Sama seperti browser atau peramban lain, Firefox buatan Mozilla juga dilengkapi dengan shortcut atau tombol pemintas. 

Dengan menggunakan sebuah atau kombinasi tombol tertentu, Anda dijamin dapat membuat peramban tersebut jadi lebih mudah, nyaman, dan cepat untuk digunakan.

Misalnya, cukup menekan tombol tertentu untuk kembali ke bagian paling awal dari sebuah laman web. Cara ini tentu akan lebih cepat ketimbang harus scroll mouse hingga ke bagian paling atas.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Cnet, Kamis (7/4/2016), berikut ini 6 tombol shortcut atau "jalan pintas" peramban Firefox untuk Windows maupun Mac.

1. Kembali ke bagian paling awal sebuah laman

Seperti sudah disebutkan di atas, tak perlu berkali-kali menggulirkan tombol tengah mouse untuk bisa kembali ke bagian paling awal dari suatu laman situs. Ada cara lain yang lebih mudah dan singkat.

Pengguna Windows cukup menekan tombol “Home” di keyboard-nya, maka peramban akan otomatis mengembalikan ke posisi paling awal atau atas.

Sedangkan pengguna Mac, bisa mencoba menekan tombol “Command” dan “Up” secara bersamaan.

2. Buka daftar unduh

Tanpa menggunakan tombol pemintas, pengguna awam akan kesulitan menemukan daftar file yang sedang dan sudah selesai diunduh. Perintah untuk membuka daftar tersebut diselipkan dalam sebuah menu bersama perintah-perintah lainnya.

Supaya lebih cepat, pengguna Windows cukup menekan tombol “Ctrl” dan “J” saja di keyboard. Pengguna Mac bisa memakai “Command” + “Shift” + “J” untuk membuka daftar yang sama.

3. Bookmark situs

Cara menandai atau bookmark sebuah laman situs sebenarnya sudah sederhana. Dengan klik tombol "Bintang" di sebelah kotak "Search" yang ada di bagian atas, Anda langsung bookmark situs yang diinginkan.

Bila ingin menggunakan tombol pemintas, cukup tekan “Ctrl” + “D” pada platform Windows. Sementara, pengguna Mac bisa melakukannya dengan menekan “Command” + “D”.

4. Hapus Tab

Halaman:
Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com