6 "Jalan Pintas" Penting di Browser Firefox

Kompas.com - 07/04/2016, 20:27 WIB
screenshot Firefox

KOMPAS.com - Sama seperti browser atau peramban lain, Firefox buatan Mozilla juga dilengkapi dengan shortcut atau tombol pemintas. 

Dengan menggunakan sebuah atau kombinasi tombol tertentu, Anda dijamin dapat membuat peramban tersebut jadi lebih mudah, nyaman, dan cepat untuk digunakan.

Misalnya, cukup menekan tombol tertentu untuk kembali ke bagian paling awal dari sebuah laman web. Cara ini tentu akan lebih cepat ketimbang harus scroll mouse hingga ke bagian paling atas.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Cnet, Kamis (7/4/2016), berikut ini 6 tombol shortcut atau "jalan pintas" peramban Firefox untuk Windows maupun Mac.

1. Kembali ke bagian paling awal sebuah laman

Seperti sudah disebutkan di atas, tak perlu berkali-kali menggulirkan tombol tengah mouse untuk bisa kembali ke bagian paling awal dari suatu laman situs. Ada cara lain yang lebih mudah dan singkat.

Pengguna Windows cukup menekan tombol “Home” di keyboard-nya, maka peramban akan otomatis mengembalikan ke posisi paling awal atau atas.

Sedangkan pengguna Mac, bisa mencoba menekan tombol “Command” dan “Up” secara bersamaan.

2. Buka daftar unduh

Tanpa menggunakan tombol pemintas, pengguna awam akan kesulitan menemukan daftar file yang sedang dan sudah selesai diunduh. Perintah untuk membuka daftar tersebut diselipkan dalam sebuah menu bersama perintah-perintah lainnya.

Supaya lebih cepat, pengguna Windows cukup menekan tombol “Ctrl” dan “J” saja di keyboard. Pengguna Mac bisa memakai “Command” + “Shift” + “J” untuk membuka daftar yang sama.

3. Bookmark situs

Cara menandai atau bookmark sebuah laman situs sebenarnya sudah sederhana. Dengan klik tombol "Bintang" di sebelah kotak "Search" yang ada di bagian atas, Anda langsung bookmark situs yang diinginkan.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorDeliusno
SumberCNET

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X