Kompas.com - 08/04/2016, 10:52 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Facebook mengeluarkan segala cara untuk meningkatkan jumlah pengguna Live, layanan video siaran langsung bikinannya. Bahkan, raksasa jejaring sosial ini rela menggelontorkan uang demi memperbanyak pengguna layanan tersebut.

Perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu dikatakan membayar sejumlah uang kepada beberapa selebriti dan media. Tujuannya, merayu pengguna untuk menggunakan aplikasi Live.

Jika tidak membuat video langsung sendiri, Facebook berharap pengguna datang untuk menonton.

Informasi mengenai "selebriti dan media bayaran" tersebut awalnya hanya sekadar rumor belaka.

Namun, pihak Facebook sendiri sudah mengakui jika mereka memberikan hadiah atau insentif berupa uang bagi siapapun yang ikut mempromosikan Live, termasuk selebriti dan media.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Recode, Jumat (8/4/2016), ini pertama kalinya bagi Facebook mengakui memberikan bayaran uang pada perusahaan media dan selebriti untuk memakai layanan tersebut.

“Kami memang bekerja sama dengan beberapa rekan, dan di antaranya ada kerja sama yang melibatkan uang,” ujar Product Director Facebook Fidji Simo, yang bertanggung jawab mendongkrak pemakaian Live.

Media mana saja? Menurut bocoran seorang sumber yang dekat dengan masalah itu, Facebook setidaknya membayar media seperti New York Times, Buzzfeed, Tastemade, dan Huffington Post.  

Ada kemungkinan, Vox Media juga menerima pembayaran serupa, namun menurutnya, hal itu berlum terkonfirmasi.

Sayangnya, tidak disebutkan selebriti mana saja yang menerima pembayaran dari Facebook.

Membayar selebriti dan media sendiri sebenarnya bukan sebuah tindakan yang salah. Bukan berarti, layanan ini juga jelek.

Namun, ini bisa jadi merupakan upaya Facebook untuk mengampanyekan fitur Live. Tindakan ini tentunya dilakukan hanya demi mendongkrak pengguna semata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.