Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hanya Tuhan dan Apple yang Tahu Kapan iPhone SE Dijual di Indonesia"

Kompas.com - 08/04/2016, 14:50 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apple melalui PT Apple Indonesia sudah mengajukan pengajuan sertifikasi iPhone SE dan iPad Pro kepada Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Tapi informasi soal waktu penjualan gadget tersebut masih tertutup rapat.

Bahkan, Erajaya Group (Erajaya), salah satu distributor resmi, masih belum mengetahui kapan tepatnya smartphone teranyar itu beredar secara resmi di Indonesia.

“Hanya Tuhan dan Apple saja yang tahu kapan iPhone SE mulai dijual di Indonesia,” canda Chief Executive Officer Erajaya Group Hasan Aula saat ditemui KompasTekno di sela peluncuran toko konsep Urban Republic, di Jakarta, Jumat (8/4/2016).

“Tergantung bagaimana Apple memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 4G. Sekarang kan sudah mendaftar sertifikasi tapi belum tentu memenuhi TKDN. Mendaftar dan approval adalah hal yang berbeda,” imbuhnya.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com CEO Erayaja Group Hasan Aula saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Jumat (8/4/2016)
Hal senada diungkapkan oleh Direktur Marketing & Communication Erajaya, Djatmiko Wardoyo. Menurutnya, iPhone SE yang sedang ditunggu-tunggu banyak orang di Indonesia memiliki koneksi berteknologi 4G LTE dan mesti mengikuti aturan TKDN tersebut.

Besaran komponen lokal yang diharapkan pemerintah adalah 30 persen pada 1 Januari 2017 mendatang. Namun detail mengenai komponen-komponen yang terhitung sebagai TKDN masih diperdebatkan.

Perdebatan tersebut antara lain soal skema investasi yang akan diwajibkan. Saat ini ada lima skema, yaitu hardware 100 persen dan software 0 persen, hardware 80 persen dan software 20 persen, hardware 50 persen dan software 50 persen, hardware 20 persen dan software 80 persen, atau hardware 0 persen dan software 100 persen.

Baca: Sampai Mana Pembahasan Aturan Main TKDN Ponsel 4G?

“iPhone SE ya TKDN-nya itu bagaimana? Kalau sekarang, cuma Tuhan, Apple dan pemerintah saja yang tahu kapan iPhone SE bakal masuk,” imbuh Djatmiko di kesempatan yang sama.

Sekadar diketahui, iPhone SE merupakan ponsel pertama Apple yang dibanderol dengan harga murah. Edisi 16 GB dibanderol dengan harga resmi 399 dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 5,2 juta. Sedangkan edisi 64 GB hanya 499 dollar AS atau setara Rp 6,5 juta.

Meski dibanderol murah, spesifikasi iPhone SE tidak main-main. Layarnya 4 inci dengan resolusi 1136 x 640 piksel, "otak" pemrosesannya menggunakan chip Apple A9 yang kini dipakai di iPhone 6S, serta memiliki fitur sidik jari Touch ID pada tombol Home.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com