Aktivasi iMessage di Jaringan XL Bermasalah Karena Habis Kontrak?

Kompas.com - 08/04/2016, 15:36 WIB
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendala gagal aktivasi iMessage dan FaceTime di iPhone yang dialami oleh pelanggan seluler XL Axiata disebut-sebut berhubungan dengan habisnya kontrak XL Axiata, selaku operator (carrier), dengan penyedia layanan, yakni Apple.

Melalui situs Medium.com, pengguna iPhone sekaligus blogger Aulia Masna menuliskan dugaan tersebut.

"Sejumlah sumber di industri telekomunikasi mengungkapkan bahwa kendala itu (gagal aktivasi) bukan kendala teknis, dan bisa berimbas ke operator lain di Indonesia di waktu mendatang," tulisnya.

Aulia, yang juga seorang editor di situs Addiction.id itu, menambahkan, XL bisa jadi operator pertama di Indonesia yang kontraknya habis dalam memberikan layanan Apple, setelah peluncuran perdana pada 2010 (FaceTime) dan 2011 (iMessage).

"Kontrak yang sudah habis dan tidak diperbarui lagi bisa jadi alasannya," tulis Aulia.

Karena putus kontrak itulah maka aktivasi iMessage dan FaceTime oleh pengguna iPhone di jaringan XL tidak bisa dilakukan, setidaknya sejak November 2015 lalu.

Sebelumnya, sejumlah pengguna iPhone yang memakai layanan operator seluler XL Axiata melaporkan ada kendala dengan fitur iMessage dan FaceTime.

Baca: Pengguna XL Keluhkan Gagal Aktivasi iMessage di iPhone

Pantauan KompasTekno, keluhan ini mulai ramai dicuitkan di Twitter sejak Kamis (7/4/2016) kemarin.

Untuk melakukan registrasi layanan iMessage, pelanggan XL diminta untuk menggunakan alamat e-mail, alih-alih menggunakan nomor ponsel.

Keluhan ini muncul dari pengguna iPhone yang baru akan mengaktifkan iMessage/FaceTime di jaringan XL (setelah November 2015). Pengguna layanan iMessage/FaceTime yang sudah aktivasi sebelum November 2015, menurut pantauan KompasTekno tidak mengalami hal serupa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.