Ada Pesan Terkubur di "Inbox" Facebook, Begini Cara Membacanya

Kompas.com - 08/04/2016, 20:13 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Facebook Messenger lumrah dipakai untuk bertukar pesan antar-sesama pengguna jejaring sosial terbesar di dunia itu. Namun, ternyata tak semua message Facebook diteruskan ke pengguna.

Sebagian pesan yang dikirim bahkan bisa berakhir tanpa terbaca sama sekali. Biasanya pesan-pesan ini berasal dari orang lain yang belum memiliki hubungan pertemanan dengan akun pengguna.

Memang, Facebook bakal memberi notifikasi apabila seseorang yang bukan teman mengirim pesan. Pesan-pesan ini tersimpan dalam folder “Message Request”.

Tapi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Jumat (8/4/2016), belum tentu semua pesan dari orang tak dikenal bakal ditampilkan dalam “Message Request”.

Pesan-pesan yang dianggap sebagai spam bakal dialihkan ke folder tersembunyi. Di sinilah mereka "terkubur", tanpa disadari keberadaannya oleh pengguna.

Bagaimana cara mengakses folder “rahasia” itu dan membaca pesan-pesan tersembunyi di dalamnya? Ikuti langkah-langkah berikut.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Cara membuka folder tersembunyi berisi pesan-pesan dari pengguna lain yang belum memiliki hubungan pertemanan dengan pengguna di Facebook

Pertama, jalankan aplikasi Facebook Messenger di smartphone Android dan buka menu setting di pojok kanan atas layar. Untuk aplikasi Facebook Messenger di iOS, icon ini terletak di pojok bawah layar.

Dari layar baru yang terbuka, buka opsi “People”, kemudian pilih “Message Request”. Di sini tersimpan pesan-pesan dari orang yang belum memiliki hubungan pertemanan. Tapi itu belum semuanya.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Cara membuka folder tersembunyi berisi pesan-pesan dari pengguna lain yang belum memiliki hubungan pertemanan dengan pengguna di Facebook

Untuk melihat isi folder tersembunyi, pilih opsi “See filtered request yang terdapat persis di daftar “Message Request”. Daftar semua pesan yang disembunyikan dan belum terbaca oleh pengguna pun segera tergelar.

Pesan-pesan tersembunyi ini juga bisa diaskes melalui browser desktop.

Caranya adalah dengan log-in ke Facebook, klik icon “Inbox” di pojok kanan atas, pilh “Message Request”, lalu klik “See Filtered Request” di bawah daftar. Pilih “See All untuk membuka window pop-up menjadi laman full-screen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.