Beli Pulsa Lewat Bank Kena Biaya Rp 1.500, Ini Alasan Telkomsel

Kompas.com - 10/04/2016, 09:12 WIB
4G LTE Telkomsel di Yogyakarta. Reska K. Nistanto/KOMPAS.com4G LTE Telkomsel di Yogyakarta.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno


KOMPAS.com - Minggu lalu, sebagian pelanggan prabayar Telkomsel mempertanyakan tambahan biaya Rp 1.500 yang dikenakan untuk pembelian pulsa dari layanan internet/ mobile banking serta ATM Bank Mandiri dan BCA.

Saat dimintai konfirmasi oleh KompasTekno, Telkomsel membenarkan adanya tambahan biaya administrasi tersebut. Inisiatif ini berasal dari pihak operator seluler yang bersangkutan.

“Perubahan biaya transaksi untuk pembelian pulsa melalui channel bank, merupakan salah satu upaya kami untuk tetap menjaga kualitas dan ketersediaan layanan yang prima bagi pelanggan,” ujar VP Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati melalui keterangan tertulis.

“Pelanggan selalu dimintai persetujuan terlebih dahulu atas biaya administrasi (surcharge) yang timbul, sebelum transaksi dilakukan,” imbuhnya.

Penambahan biaya pembelian pulsa lewat bank ini sempat ramai dikeluhkan oleh pelanggan prabayar Telkomsel di media sosial.

Kecewa banget sekarang beli pulsa @Telkomsel lewat atm/inet banking/mbanking BCA & Mandiri kena biaya admin 1.500,” kicau seorang pengguna Twitter dengan akun @ijoli.

Beberapa pelanggan mengalami kebingungan mengenai siapa yang mengenakan tambahan biaya administrasi, pihak bank atau Telkomsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan bahwa biaya admin tersebut berasal dari operator seluler, dalam hal ini Telkomsel. “Kenaikan biaya admin disebabkan kerja sama aturan re-arrangement dari Telkomsel,” ujar Jahja, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Kontan, Minggu (10/4/2016).

Akun Twitter resmi Telkomsel pun sempat memberikan keterangan bahwa biaya administrasi sebesar Rp 1.500 telah disepakati sebelumnya antara Telkomsel dan bank rekanan sejak periode 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber KONTAN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.