Kompas.com - 11/04/2016, 09:12 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Paten baru yang didaftarkan oleh Apple mengungkap komputer jinjing MacBook di masa depan bisa jadi menanggalkan papan ketik (keyboard) fisik, diganti dengan papan layar sentuh.

Paten yang diberi nama "Zero Travel" tersebut dikutip KompasTekno dari The Next Web, Senin (11/4/2016), mengubah permukaan keyboard menjadi layar sentuh datar, sehingga pengguna bakal mengetik di layar datar.

Paten tersebut menggunakan teknologi haptic feedback sebagai sarana untuk mengidentifikasi ketukan di permukaan.

Selain itu, paten tersebut juga mengungkap nampaknya tombol-tombol di komputer MacBook akan lebih komplit sebab Apple juga menyertakan keypad numerik di sebelah trackpad.

Secara konsep, bagian tersebut bisa dipakai untuk mengakomodasi berbagai fitur dan tambahan lain, bahkan dari pengembang pihak ketiga juga.

Bisa jadi, cara mengetik di keyboard layar sentuh itu bakal sama dengan cara SwiftKey, yaitu menggeser-geser jari ke tombol yang diinginkan. Pengguna juga bakal bisa mengatur tata letak keyboard serta tingkat kekuatan ketukan.

Bagaimanapun, teknologi ini masih sebatas paten. Belum diketahui kapan paten ini akan direalisasikan oleh Apple dan apakah benar akan diintegrasikan ke dalam laptop-nya, hanya Apple yang tahu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.