Pengguna Facebook Makin Jarang "Update Status", Ini Alasannya

Kompas.com - 11/04/2016, 20:18 WIB
Ilustrasi Facebook mobile istIlustrasi Facebook mobile
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Meski memiliki jumlah pengguna mencapai 1,6 miliar orang, jejaring sosial Facebook ternyata menghadapi masalah yang cukup memusingkan: para penggunanya makin jarang mengunggah posting original.

“Posting original” di sini berarti posting yang kontennya ditulis atau dibuat sendiri oleh pengguna, ketimbang  sekadar melanjutkan sharing konten lain, seperti misalnya berbagi tautan ke situs berita.

Dirangkum KompasTekno dari The Information, Senin (11/4/2016), sebuah data internal menyebutkan bahwa, hingga pertengahan 2015 lalu, jumlah sharing secara keseluruhan di Facebook mengalami penurunan 5,5 persen dibanding tahun sebelumnya.

Sementara, jumlah posting original menunjukkan penurunan lebih besar lagi, mencapai 21 persen year over year. Pada awal tahun ini, penurunan posting original terjadi lagi sebesar 15 persen year over year.

Artinya, pengguna Facebook semakin jarang melakukan “update status”, menulis sesuatu, mengunggah foto atau jenis konten lainnya.

Posting original memegang peranan penting bagi Facebook karena jenis konten ini paling banyak menghasilkan interaksi pengguna.

Status yang mengumumkan pertunangan atau update soal keluarga, misalnya, bakal memancing komentar dan “like” yang menghidupkan suasana di layanan tersebut sehingga membuat pengguna betah berlama-lama.

Terlalu riuh

Lalu, kenapa para pengguna Facebook makin jarang mengunggah posting bikinan sendiri? Ada beberapa kemungkinan faktor yang bisa mengakibatkan hal tersebut.

Pertama adalah banyaknya jumlah “teman” dalam jaringan pengguna. Semakin banyak teman, maka lingkungan di Facebook bakal terasa semakin tidak privat sehingga kurang cocok untuk berbagi hal-hal yang bersifat pribadi, seperti soal keluarga tadi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.