Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Messenger Terbaru Bisa "Chatting" meski Belum Kenalan

Kompas.com - 12/04/2016, 12:36 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com — Minggu lalu, Facebook menambahkan tiga fitur baru ke aplikasi pesan instan Messenger, yakni Codes, Usernames, dan Links.

Dengan Links, pengguna Messenger kini bisa memiliki tautan web berdasarkan nama di Facebook.

Tautan tersebut bisa dibagikan ke mana pun secara online untuk langsung memulai chatting via Messenger dengan pengguna yang bersangkutan.

Namun, yang paling menarik mungkin adalah Codes. Fitur ini memungkinkan pengguna mengobrol dengan sesama pemakai Messenger dengan memindai sebuah "QR code" khusus berbentuk bundar, seperti gambar di atas.

Kemampuannya mirip dengan Snapcodes di aplikasi Snapchat. Dengan Codes, pengguna Messenger bisa langsung ngobrol tanpa perlu saling "kenal" di Facebook sebelumnya.

"Tak perlu tahu nomor telepon, Anda juga tak perlu sudah berteman di Facebook," tulis perusahaan jejaring sosial tersebut di sebuah posting berisi pengumuman.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Selasa (12/4/2016), selain pengguna pribadi, Codes juga tersedia untuk akun bisnis atau brand sehingga pelanggan bisa memindai kode dengan kamera ponsel untuk langsung berinteraksi.

Lagi-lagi, fitur serupa juga terdapat di Snapchat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com