Facebook Messenger Terbaru Bisa "Chatting" meski Belum Kenalan

Kompas.com - 12/04/2016, 12:36 WIB
Ilustrasi Facebook Codes FacebookIlustrasi Facebook Codes
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com — Minggu lalu, Facebook menambahkan tiga fitur baru ke aplikasi pesan instan Messenger, yakni Codes, Usernames, dan Links.

Dengan Links, pengguna Messenger kini bisa memiliki tautan web berdasarkan nama di Facebook.

Tautan tersebut bisa dibagikan ke mana pun secara online untuk langsung memulai chatting via Messenger dengan pengguna yang bersangkutan.

Namun, yang paling menarik mungkin adalah Codes. Fitur ini memungkinkan pengguna mengobrol dengan sesama pemakai Messenger dengan memindai sebuah "QR code" khusus berbentuk bundar, seperti gambar di atas.

Kemampuannya mirip dengan Snapcodes di aplikasi Snapchat. Dengan Codes, pengguna Messenger bisa langsung ngobrol tanpa perlu saling "kenal" di Facebook sebelumnya.

"Tak perlu tahu nomor telepon, Anda juga tak perlu sudah berteman di Facebook," tulis perusahaan jejaring sosial tersebut di sebuah posting berisi pengumuman.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Selasa (12/4/2016), selain pengguna pribadi, Codes juga tersedia untuk akun bisnis atau brand sehingga pelanggan bisa memindai kode dengan kamera ponsel untuk langsung berinteraksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lagi-lagi, fitur serupa juga terdapat di Snapchat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.