Raksasa "E-commerce" China Alibaba Akuisisi Lazada

Kompas.com - 12/04/2016, 14:23 WIB
Tampilan laman Lazada Indonesia Lazada IndonesiaTampilan laman Lazada Indonesia
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com — Pelaku e-commerce terbesar di China, Alibaba Group Holding Ltd, Selasa (12/4/2016), mengumumkan telah mengakuisisi saham mayoritas dari perusahaan situs belanja Lazada.

Dirangkum KompasTekno dari Business Wire, investasi ini terdiri dari penanaman equity capital baru sebesar 500 juta dollar AS dan akuisisi saham Lazada dari sejumlah pemegang saham lain.

Para pemegang saham lain ini termasuk Rocket Internet dan Kinnevik yang sudah melepas semua sahamnya di Lazada ke Alibaba. Tesco, operator supermarket asal Inggris, masih memiliki saham di Lazada sebesar 8,3 persen.

Nilai total investasi Alibaba di Lazada mencapai kisaran 1 miliar dollar AS. Langkah Alibaba mencerminkan upaya raksasa e-commerce Negeri Tirai Bambu tersebut dalam melakukan ekspansi ke Asia Tenggara.

“Dengan berinvestasi di Lazada, Alibaba memperoleh platform dengan basis konsumen yang besar dan terus tumbuh di luar China,” sebut Presiden Alibaba Michael Evans dalam sebuah pernyataan tertulis.

CEO Lazada Group, Max Bittner, menambahkan bahwa wilayah Asia Tenggara yang menjadi daerah operasional Lazada adalah pasar menarik dengan ruang luas untuk terus berkembang.

“Transaksi ini akan membantu kami mencapai tujuan produk-produk paling beragam dan unik bagi 560 juta konsumen di wilayah (Asia Tenggara),” ujar Bittner.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lazada didirikan oleh inkubator Jerman, Rocket Internet, tahun 2011. Kantor pusatnya terletak di Singapura. Wilayah operasional layanan e-commerce Lazada mencakup enam negara di wilayah Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Finipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Jumlah pengguna internet di keenam negara tersebut diperkirakan mencapai 200 juta. Sementara itu, kontribusi e-commerce terhadap keseluruhan pasar ritel baru 3 persen sehingga masih menyisakan peluang pertumbuhan yang besar.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.