Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raksasa "E-commerce" China Alibaba Akuisisi Lazada

Kompas.com - 12/04/2016, 14:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com — Pelaku e-commerce terbesar di China, Alibaba Group Holding Ltd, Selasa (12/4/2016), mengumumkan telah mengakuisisi saham mayoritas dari perusahaan situs belanja Lazada.

Dirangkum KompasTekno dari Business Wire, investasi ini terdiri dari penanaman equity capital baru sebesar 500 juta dollar AS dan akuisisi saham Lazada dari sejumlah pemegang saham lain.

Para pemegang saham lain ini termasuk Rocket Internet dan Kinnevik yang sudah melepas semua sahamnya di Lazada ke Alibaba. Tesco, operator supermarket asal Inggris, masih memiliki saham di Lazada sebesar 8,3 persen.

Nilai total investasi Alibaba di Lazada mencapai kisaran 1 miliar dollar AS. Langkah Alibaba mencerminkan upaya raksasa e-commerce Negeri Tirai Bambu tersebut dalam melakukan ekspansi ke Asia Tenggara.

“Dengan berinvestasi di Lazada, Alibaba memperoleh platform dengan basis konsumen yang besar dan terus tumbuh di luar China,” sebut Presiden Alibaba Michael Evans dalam sebuah pernyataan tertulis.

CEO Lazada Group, Max Bittner, menambahkan bahwa wilayah Asia Tenggara yang menjadi daerah operasional Lazada adalah pasar menarik dengan ruang luas untuk terus berkembang.

“Transaksi ini akan membantu kami mencapai tujuan produk-produk paling beragam dan unik bagi 560 juta konsumen di wilayah (Asia Tenggara),” ujar Bittner.

Lazada didirikan oleh inkubator Jerman, Rocket Internet, tahun 2011. Kantor pusatnya terletak di Singapura. Wilayah operasional layanan e-commerce Lazada mencakup enam negara di wilayah Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Finipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Jumlah pengguna internet di keenam negara tersebut diperkirakan mencapai 200 juta. Sementara itu, kontribusi e-commerce terhadap keseluruhan pasar ritel baru 3 persen sehingga masih menyisakan peluang pertumbuhan yang besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com