Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mei, Samsung Jual TV 4K Baru di Indonesia

Kompas.com - 12/04/2016, 16:54 WIB
Deliusno

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Diperkenalkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2016 awal tahun, Samsung bersiap untuk merilis serangkaian televisi beresolusi Ultra HD/4K terbarunya di Indonesia.

TV PM Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin membeberkan bahwa perangkat tersebut bakal diluncurkan dalam waktu dekat ini.

"Rata-rata produk televisi SUHD baru Samsung akan dirilis pada akhir April atau awal Mei ini," ujar Ubay kepada KompasTekno pada ajang Samsung Seminar TV di Singapura, Selasa (12/4/2016).

SUHD sebenarnya merupakan teknologi bikinan dan dijual oleh Samsung sendiri. Teknologi ini menawarkan resolusi tinggi kualitas Ultra HD (UHD) atau resolusi gambar 4K (3.840 x 2.160 piksel).

Teknologi warna natural

Selain mengusung resolusi 4K, TV SUHD Samsung juga bakal dipersenjatai dengan teknologi lain bikinan sendiri yaitu Quantum Dot.

Teknologi tersebut mengizinkan perangkat untuk menampilkan gambar dalam format High Dynamic Range (HDR) dalam tingkat kecerahan maksimal hingga 1.000 nitt.

Jumlah warna yang ditampilkan pun mencapai kisaran satu miliar, sehingga tampak lebih natural di mata. "Tingkat kecerahan itu mengalahkan televisi milik brand lain, biasanya produk pesaing hanya mampu mencapai 600 nitt," tutur Ubay.

Di Indonesia sendiri, Samsung siap merilis perangkat SUHD dari ukuran 49 inci hingga 88 inci. Nama seri yang akan dipasarkan beberapa di antaranya adalah KS9800, KS9000, KS7500, dan KS7000.

Untuk harga, Ubay masih belum bisa memberikan bocoran. Namun, ia berjanji bahwa perangkat ini akan lebih murah dari SUHD yang telah dipasarkan Samsung sebelumnya.

"Tahun 2015 lalu, ada satu seri SUHD yang bisa mencapai harga Rp 70 jutaan, yah dengan cash back dan lain-lain harganya mencapai Rp 60 jutaan. Untuk SUHD keluaran tahun 2016 mungkin akan lebih murah dari itu," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com