Kompas.com - 12/04/2016, 16:54 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

SINGAPURA, KOMPAS.com - Diperkenalkan pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2016 awal tahun, Samsung bersiap untuk merilis serangkaian televisi beresolusi Ultra HD/4K terbarunya di Indonesia.

TV PM Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin membeberkan bahwa perangkat tersebut bakal diluncurkan dalam waktu dekat ini.

"Rata-rata produk televisi SUHD baru Samsung akan dirilis pada akhir April atau awal Mei ini," ujar Ubay kepada KompasTekno pada ajang Samsung Seminar TV di Singapura, Selasa (12/4/2016).

SUHD sebenarnya merupakan teknologi bikinan dan dijual oleh Samsung sendiri. Teknologi ini menawarkan resolusi tinggi kualitas Ultra HD (UHD) atau resolusi gambar 4K (3.840 x 2.160 piksel).

Teknologi warna natural

Selain mengusung resolusi 4K, TV SUHD Samsung juga bakal dipersenjatai dengan teknologi lain bikinan sendiri yaitu Quantum Dot.

Teknologi tersebut mengizinkan perangkat untuk menampilkan gambar dalam format High Dynamic Range (HDR) dalam tingkat kecerahan maksimal hingga 1.000 nitt.

Jumlah warna yang ditampilkan pun mencapai kisaran satu miliar, sehingga tampak lebih natural di mata. "Tingkat kecerahan itu mengalahkan televisi milik brand lain, biasanya produk pesaing hanya mampu mencapai 600 nitt," tutur Ubay.

Di Indonesia sendiri, Samsung siap merilis perangkat SUHD dari ukuran 49 inci hingga 88 inci. Nama seri yang akan dipasarkan beberapa di antaranya adalah KS9800, KS9000, KS7500, dan KS7000.

Untuk harga, Ubay masih belum bisa memberikan bocoran. Namun, ia berjanji bahwa perangkat ini akan lebih murah dari SUHD yang telah dipasarkan Samsung sebelumnya.

"Tahun 2015 lalu, ada satu seri SUHD yang bisa mencapai harga Rp 70 jutaan, yah dengan cash back dan lain-lain harganya mencapai Rp 60 jutaan. Untuk SUHD keluaran tahun 2016 mungkin akan lebih murah dari itu," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.