Kompas.com - 13/04/2016, 07:29 WIB
Pesan singkat berisi dua tautan di laman muka Google.com GooglePesan singkat berisi dua tautan di laman muka Google.com
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Bonnie Kamona terkejut saat coba mencari gambar di Google dengan kata kunci “unprofessional hairstyles at work” alias “gaya rambut yang tidak profesional di tempat kerja”.

Mahasiswi MBA asal Bostwana itu menemukan bahwa gambar di hasil googling-nya didominasi wanita berkulit hitam.

Hasil sebaliknya diperoleh ketika dia mengetik kata kunci “model rambut profesional”, yang sebagian besar menampilkan perempuan kulit putih.

Kamona lantas mengunggah screenshot hasil "image search" tersebut ke Twitter, minggu lalu, di mana ia memperoleh banyak tanggapan.

Setelah mencoba sendiri, sebagian orang menyimpulkan bahwa algoritma pencarian Google telah bersikap rasis.

“Hitam versus putih. Ini bukan ilmu rumit. Mereka rasis,” tuding seorang pengguna Twitter dengan handle @KhalilRamah. Pengguna lainnya banyak yang mengamini.

Apalagi, hasil pencarian dengan kata kunci yang sama di mesin pencari Bing ternyata menunjukkan hasil sedikit lebih berimbang antara wanita kulit hitam dan putih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Google sengaja dirancang rasis?

Namun benarkah mesin pencari Google yang notabene adalah sebuah program komputer bisa “bersikap” rasis layaknya manusia?

The Guardian, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Rabu (13/4/2016), berpendapat bahwa Google Image Search pada dasarnya hanya mencari gambar berdasarkan kata kunci dan menyajikan hasilnya ke pengguna.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.