Ini Dia, Kamera "Piring Terbang" Seharga Rp 400 Juta Buatan Facebook

Kompas.com - 13/04/2016, 11:10 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Guna mendorong pertumbuhan konten video 360 derajat, sekaligus konten video virtual reality (VR), Facebook membuat desain kamera yang bisa merekam video 360 derajat yang bisa dipakai oleh videografer.

Kamera rancangan Facebook itu diberi nama Surround 360 yang dirangkai dalam sebuah rig yang menyerupai bentuk piring terbang seharga 30.000 dollar AS (sekitar Rp 400 juta).

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Rabu (13/4/2016), rig kamera tersebut terdiri atas 14 kamera dengan lensa sudut lebar yang ditata melingkar, ditambah satu lensa fish-eye di bagian atas, serta dua di bagian bawah rig.

Dengan susunan kamera seperti demikian, jika video disambung-sambungkan maka video yang direkam tidak akan menampilkan pegangan yang dipasang di kamera, kendala yang dihadapi oleh video VR saat ini.

Menurut Facebook, kameranya itu bisa merekam video selama berjam-jam tanpa kendala kepanasan. Setiap sensor kamera yang dipasang juga diklaim bisa merekam video resolusi 8K.

Video bisa ditonton melalui berbagai perangkat virtual reality, seperti Samsung Gear VR dan Oculus Rift.

Menurut Facebook, videonya itu bisa diunggah ke jejaring sosialnya dengan hanya sedikit pemrosesan.

Untuk melihat video tangkapan Surround 360, kunjungi tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.