Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Induk Google Perkenalkan Robot Berkaki Dua

Kompas.com - 13/04/2016, 12:18 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com - Sebuah robot berkaki dua diperkenalkan oleh Schaft, pabrikan asal Jepang yang berada di bawah naungan Alphablet, perusahaan induk Google.

Meski berkaki dua, penampakan sang robot sama sekali tidak mirip manusia. Rancangannya tampak berbeda dari robot-robot militer bikinan Boston Dynamics yang juga merupakan anak perusahaan Alphabet.

Dirangkum KompasTekno dari The Guardian, Rabu (13/4/20016), robot yang belum punya nama resmi ini diumumkan dalam ajang New Economic Summit (NEST) di Tokyo, Jepang, minggu lalu.  

Sang robot dimaksudkan untuk penggunaan sipil. Ia sanggup berjalan dengan membawa beban seberat 60 kilogram melewati medan yang tidak rata, juga menaiki tangga.

Belum diketahui apakah robot Schaft bakal benar-benar menyapa konsumen atau tidak. Seorang juru bicara  menyebutkan bahwa presentasi di NEST bukan dimaksudkan sebagai peluncuran produk, melainkan lebih bersifat demonstrasi.

“Tim penciptanya sangat senang mendapat kesempatan untuk menunjukkan hasil kerja mereka sejauh ini,” kata sang juru bicara.

Schaft adalah perusahaan pecahan dari JSK Robotics Laboratory di Universitas Tokyo. Perusahaan ini diakuisisi oleh Google pada akhir 2013 dan sempat memenangi kompetisi robot US Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

Sejak diakuisisi, Schaft menarik diri dari hadapan publik, menutup situs miliknya, dan lebih banyak bekerja di bawah Alphabate X lab (sebelumnya Google X) yang mengembangkan proyek-proyek moonshot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com