Perusahaan Induk Google Perkenalkan Robot Berkaki Dua

Kompas.com - 13/04/2016, 12:18 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Sebuah robot berkaki dua diperkenalkan oleh Schaft, pabrikan asal Jepang yang berada di bawah naungan Alphablet, perusahaan induk Google.

Meski berkaki dua, penampakan sang robot sama sekali tidak mirip manusia. Rancangannya tampak berbeda dari robot-robot militer bikinan Boston Dynamics yang juga merupakan anak perusahaan Alphabet.

Dirangkum KompasTekno dari The Guardian, Rabu (13/4/20016), robot yang belum punya nama resmi ini diumumkan dalam ajang New Economic Summit (NEST) di Tokyo, Jepang, minggu lalu.  

Sang robot dimaksudkan untuk penggunaan sipil. Ia sanggup berjalan dengan membawa beban seberat 60 kilogram melewati medan yang tidak rata, juga menaiki tangga.

Belum diketahui apakah robot Schaft bakal benar-benar menyapa konsumen atau tidak. Seorang juru bicara  menyebutkan bahwa presentasi di NEST bukan dimaksudkan sebagai peluncuran produk, melainkan lebih bersifat demonstrasi.

“Tim penciptanya sangat senang mendapat kesempatan untuk menunjukkan hasil kerja mereka sejauh ini,” kata sang juru bicara.

Schaft adalah perusahaan pecahan dari JSK Robotics Laboratory di Universitas Tokyo. Perusahaan ini diakuisisi oleh Google pada akhir 2013 dan sempat memenangi kompetisi robot US Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

Sejak diakuisisi, Schaft menarik diri dari hadapan publik, menutup situs miliknya, dan lebih banyak bekerja di bawah Alphabate X lab (sebelumnya Google X) yang mengembangkan proyek-proyek moonshot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.