Kompas.com - 13/04/2016, 13:16 WIB
facebook.com
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Facebook membawahi dua aplikasi pesan instan dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, WhatsApp dan Facebook Messenger. Kira-kira berapa banyak jumlah pesan yang dikirimkan lewat kedua layanan ini setiap hari?

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengungkapkan angkanya dalam konferensi F8 yang berlangsung pada 12 April kemarin, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (13/4/2016).  

Apabila digabungkan, menurut dia, volume pesan di WhatsApp dan Messenger angkanya sangat fantastis, bisa mencapai kisaran 60 miliar setiap harinya.

Jumlah tersebut tiga kali lebih besar dibandingkan volume harian untuk pengiriman pesan viia SMS yang hanya 20 miliar.

WhatsApp yang diakuisisi oleh Facebook pada 2014 senilai 19 miliar dollar AS sudah mengumpulkan pengguna aktif bulanan sebanyak 1 miliar, per Februari 2016.

Facebook turut mencatat peningkatan jumlah pengguna aktif bulanan untuk aplikasi Messenger yang kini menyentuh 900 juta. Angka itu naik sebanyak 200 juta dibandingkan tahun sebelumnya, pada konferensi F8 2015.

Pertumbuhan jumlah pengguna Messenger terbilang lebih pesat dibandingkan WhatsApp dan layanan photo sharing Instagram yang juga dimiliki oleh Facebook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.