Facebook Bisa Siarkan Video “Live” dari Drone

Kompas.com - 13/04/2016, 16:55 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Layanan real-time video streaming Facebook Live selama ini hanya bisa digunakan lewat aplikasi Facebook di smartphone. Ke depan, nantinya pengguna bisa memakai berbagai perangkat lain untuk menyiarkan video secara langsung di Facebook Live, termasuk drone.

Ini dimungkinkan dengan dibukanya Application Programming Interface (API) untuk layanan Facebook Live, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Rabu (13/4/2016).

“Kami membuka API Live supaya Anda bisa punya kemampuan melakukan streaming Facebook Live dari perangkat apapun,” ujar CEO Facebook Mark Zuckerberg ketika berbicara dalam konferensi F8, Selasa kemarin.

Usai mengatakan itu, sebuah drone DJI Phantom melayang ke panggung acara dan mengarahkan kamera ke Zuckerberg. Dia pun mendemonstrasikan kemampuan live streaming Facebook Live di depan hadirin.

DJI, sang pembuat drone, pada pertengahan tahun lalu memang telah memperkenalkan kemampuan live streaming lewat produk seri Phantom 3.

Pada awalnya, kemampuan live streaming drone tersebut hanya bisa digunakan dengan YouTube dan layanan video streaming asal China, Youku. Para pemilik drone tersebut nantinya bakal bisa memanfaatkan opsi ketiga melalui Facebook Live.

Facebook sendiri belakangan sibuk mempromosikan Live sebagai platform real-time video streaming baru. Caranya antara lain dengan memberikan insentif berupa uang kepada selebriti dan perusahaan media yang menggunakan layanan tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.