Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bisa Siarkan Video “Live” dari Drone

Kompas.com - 13/04/2016, 16:55 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Gizmodo


KOMPAS.com - Layanan real-time video streaming Facebook Live selama ini hanya bisa digunakan lewat aplikasi Facebook di smartphone. Ke depan, nantinya pengguna bisa memakai berbagai perangkat lain untuk menyiarkan video secara langsung di Facebook Live, termasuk drone.

Ini dimungkinkan dengan dibukanya Application Programming Interface (API) untuk layanan Facebook Live, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Rabu (13/4/2016).

“Kami membuka API Live supaya Anda bisa punya kemampuan melakukan streaming Facebook Live dari perangkat apapun,” ujar CEO Facebook Mark Zuckerberg ketika berbicara dalam konferensi F8, Selasa kemarin.

Usai mengatakan itu, sebuah drone DJI Phantom melayang ke panggung acara dan mengarahkan kamera ke Zuckerberg. Dia pun mendemonstrasikan kemampuan live streaming Facebook Live di depan hadirin.

DJI, sang pembuat drone, pada pertengahan tahun lalu memang telah memperkenalkan kemampuan live streaming lewat produk seri Phantom 3.

Pada awalnya, kemampuan live streaming drone tersebut hanya bisa digunakan dengan YouTube dan layanan video streaming asal China, Youku. Para pemilik drone tersebut nantinya bakal bisa memanfaatkan opsi ketiga melalui Facebook Live.

Facebook sendiri belakangan sibuk mempromosikan Live sebagai platform real-time video streaming baru. Caranya antara lain dengan memberikan insentif berupa uang kepada selebriti dan perusahaan media yang menggunakan layanan tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com