Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Broadband Telkomsel dari Sabang-Merauke Diuji Pakai Drone

Kompas.com - 14/04/2016, 10:39 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel meluncurkan kampanye "Ekspedisi Langit Nusantara" (Elang Nusa) untuk menguji kualitas jaringan broadband miliknya yang telah dibangun dari Sabang hingga Merauke.

Pengujian kualitas broadband dilakukan dengan menerbangkan pesawat tanpa awak (drone) yang akan merekam dan mengalirkan video secara langsung (live streaming) dengan menggunakan jaringan broadband Telkomsel.

Adapun video penerbangan drone tersebut bisa diikuti bukan hanya oleh pelanggan Telkomsel, melainkan juga dunia internasional. Untuk melihat live streaming video Elang Nusa, kunjungi tautan URL berikut ini: https://elangnusa.telkomsel.com.

"Ini membuktikan jaringan broadband Telkomsel yang luas, kita tak hanya pasang spanduk di pinggir jalan saja mengklaim sebagai yang terluas, tapi membuktikannya," kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah di acara peluncuran "Ekspedisi Elang Nusantara" di Jakarta, Kamis (14/4/2016).

"Selama penerbangan, drone akan menangkap berbagai keindahan geografis nusantara, secara live disiarkan video streaming di web," imbuh Ririek.

Reska K Nistanto/Kompas.com Drone ini digunakan untuk proyek Elang Nusa

Telkomsel menerbangkan dua unit drone yang masing-masing berangkat dari Sabang (Elang Barat) dan Merauke (Elang Timur) pada 14 April 2016. Kedua drone kemudian akan bertemu atau mendarat di Bali pada 14 Mei 2016. Jarak yang diterbangi drone kurang lebih 8.500 kilometer.

"Ini sekaligus sebagai uji coba bagaimana sarana broadband yg dibangun Telkomsel dan bagaimana kita bisa meningkatkan kualitasnya," tandas Ririek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com