"Browser" Chrome Versi 50 Bebas Gangguan Internet Lelet

Kompas.com - 14/04/2016, 15:17 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google telah memperbarui peramban Chrome ke versi 50. Pada versi terbaru ini, Chrome dijanjikan bisa membuka situs dengan lebih cepat dan tetap menampilkan notifikasi meski internet sedang lelet.

Chrome memang memiliki fitur notifikasi yang bisa diatur oleh pengguna. Misalnya jika pengguna ingin mendapatkan notifikasi Facebook dari web, maka cukup mengaktifkannya saja dan notifikasi yang diharapkan bisa muncul melalui Chrome.

Biasanya notifikasi yang sudah diatur itu hanya bisa muncul saat pengguna terhubung ke internet. Tapi pada Chrome versi 50 hal itu sudah tidak berlaku.

Google menyematkan metode baru yang disebut sebagai push notifications payload sebagai bagian dari Push API. Efeknya adalah pesan dan data notifikasi dikirim secara bersamaan sehingga pengguna tetap bisa mendapat notifikasi tersebut meski koneksinya lelet atau putus-putus.

Selain itu notifiaksi tersebut juga bisa diubah sesuai keinginan pemakainya. Pengembang web bisa mengatur agar notifikasi disertai penanda waktu serta tombol ikon tertentu. Ada juga pilihan untuk notifikasi berupa suara, getaran atau mode senyap.

Satu lagi tambahan fitur yang penting, seperti dilansir KompasTekno dari 9to5Google, Kamis (14/4/2016), situs kini bisa lebih dulu mengirimkan daftar resource yang diperlukan dan mengunduhnya. Dengan cara demikian, situs bisa dibuka dengan lebih cepat.

Fitur baru yang tak kalah menarik adalah tombol Pause dan Cancel yang disematkan pada mode unduhan di ponsel Android. Dengan cara demikian, unduhan data yang berlangsung bisa dihentikan sementara dan dijalankan lagi kapanpun.

Chrome versi 50 untuk desktop sudah dirilis dan pengguna tinggal memperbaruinya saja. Caranya dengan mengakses menu "Help" lalu "About" Google Chrome, kemudian klik "Update".

Sedangkan perilisan untuk Android dan Chrome OS akan menyusul dalam waktu dekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5Google


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.