Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zuckerberg dan Stephen Hawking Siapkan Wahana Perburuan Alien

Kompas.com - 14/04/2016, 17:28 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com — Alpha Centauri adalah salah satu sistem bintang terdekat dengan bumi. Jaraknya "cuma" 40 triliun kilometer atau setara 4,37 tahun cahaya. Ke sanalah tujuan misi paling ambisius sepanjang sejarah untuk mencari makhluk asing.

Inisiatornya ada tiga orang, yakni pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, fisikawan terkemuka Stephen Hawking, dan miliarder Rusia, Yuri Milner.

Dirangkum KompasTekno dari Daily Mail, Kamis (14/4/2016), misi pencarian kehidupan makhluk asing (alien) itu dinamai “Breakthrough Starshot” dan menelan biaya sebesar 100 juta dollar AS.

“Bumi adalah tempat yang indah, tetapi mungkin tak akan selamanya ada. Cepat atau lambat, kami mesti menjelajahi bintang-bintang. Breakthrough Starshot adalah langkah pertama perjalanan itu,” ujar Hawking.

Proyek Breakthrough Starshot mengandalkan ribuan wahana mungil bernama nanocraft yang diluncurkan ke luar angkasa oleh roket konvensional. Begitu berada di orbit, nanocraft akan memulai perjalannanya.

Nanocraft berukuran sangat kecil, kira-kira sebanding dengan prangko. Beratnya cuma beberapa gram. Konsep propulsinya mirip-mirip dengan kapal laut, yang bergerak dengan “ditarik” oleh semacam layar khusus.

Bedanya, bukan angin yang akan mendorong layar nanocraft, melainkan sinar laser yang ditembakkan dari Bumi. Metode “kapal layar” ini dipercaya bisa membuat wahana mungil itu bergerak dengan laju mencapai 20 persen kecepatan cahaya.

Reuters Sinar laser akan ditembakkan dari bumi untuk mendorong layar nanocraft

Waktu yang diperlukan untuk mencapai Alpha Centuri pun terbilang sangat singkat, hanya 20 tahun. Masa itu jauh lebih pendek dibandingkan perjalanan dengan pesawat antariksa terkencang saat ini, yang membutuhkan 30.000 tahun untuk pergi ke sana.

“Tembok yang membatasi kita adalah ruang jauh antara kita dan bintang-bintang. Namun, kita akan bisa melampauinya dengan sinar, layar, dan wahana antariksa teringan yang pernah dibuat,” imbuh Hawking.

Sesampainya di Alpha Centauri, nanocraft bakal mencari planet yang mirip bumi dan memotretnya. Bakal butuh waktu tahunan untuk mengirim foto karena sinyal elektromagnetik yang dipakai sebagai medium pengirim bergerak dengan kecepatan cahaya, sementara cahaya butuh waktu 4,37 tahun untuk mencapai Bumi.

Masalahnya, sebelum bisa memberangkatkan nanocraft pun, para ilmuwan di Bumi butuh waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan teknologi terkait. Digabungkan dengan waktu perjalanan, agaknya warga Bumi masih harus menunggu beberapa dekade lagi sebelum bisa melihat foto dari sistem bintang tetangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com