Setiap Hari, 40 Juta Orang Indonesia Buka Facebook dari Ponsel

Kompas.com - 14/04/2016, 17:43 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sri Widowati yang baru menjabat sebagai Country Head Facebook Indonesia tampil dalam konferensi pers yang digelar di sela acara industri marketing Mobile Moves People hari Kamis (14/4/2016).

Dia menyoroti kebiasaan pengguna internet di Indonesia yang makin menunjukkan pergeseran ke arah akses dengan memakai perangkat mobile.

“Setiap hari ada 43 juta orang Indonesia yang mengakses Facebook. Dari 43 juta itu, 40 juta orang mengakses lewat perangkat mobile,” ujar Sri.

Angka-angka yang disebutkan oleh Sri mengacu pada daily active user (DAU) Facebook di Indonesia, yakni mereka yang setidaknya mengakses Facebook sebanyak satu kali dalam satu hari.

Jumlah tersebut diperoleh dari data internal Facebook untuk periode kuartal IV 2015.

Dengan kata lain, lebih dari 90 persen pengguna Facebook di Indonesia mengakses situs jejaring sosial tersebut lewat perangkat mobile.

Sisanya memakai platform lain seperti komputer desktop, tapi jumlahnya jauh lebih kecil dibandingkan mobile. Menurut Sri, hal ini tidak mengherankan karena pengguna di Indonesia cenderung memakai perangkat mobile untuk mengakses internet.

“Setiap hari, orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 3 jam untuk menatap layar ponsel. Dari waktu tersebut, 95 persennya dihabiskan di dalam aplikasi,” imbuh Sri yang mengaku baru beberapa minggu didapuk menjadi pimpinan Facebook di Tanah Air.

Sri mulai menjabat sebagai Country Head Facebook Indonesia sejak Maret 2016, menggantikan Anand Tilak yang sempat bekerja sebagai Country Manager Facebook Indonesia. Sebelum bergabung dengan Facebook, Sri sempat berkarir di Garnier dan Unilever.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.