Siapa Samaun Samadikun yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 15/04/2016, 06:47 WIB
Doodle Samaun Samadikun di halaman Google hari ini, Jumat (15/4/2016). GoogleDoodle Samaun Samadikun di halaman Google hari ini, Jumat (15/4/2016).
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com — Halaman utama Google pada Jumat (15/4/2016) dihiasi dengan doodle untuk memperingati hari lahir insinyur dan ilmuwan asal Indonesia, Prof Dr Samaun Samadikun.

Google membuat sketsa wajah Samaun Samadikun dengan latar belakang seperti trafo dan kabel-kabel yang melilit. Jika dilihat sekilas, semua unsur itu seperti membentuk tulisan "Google".

Namun, siapa sebenarnya Samaun Samadikun yang dijadikan sebagai Google Doodle hari ini?

Wikimedia Prof. Dr. Samaun Samadikun (1931 - 2006).
Dikutip KompasTekno dari halaman Wikipedia, Jumat (15/4/2016), Samaun Samadikun oleh ilmuwan dikenal sebagai Bapak Mikroelektronika Indonesia. Ia lahir di Magetan pada 15 April 1931.

Selama hidupnya, Prof Samaun banyak menulis publikasi ilmiah nasional ataupun internasional dalam bidang tunnel diodes, instrumentasi nuklir, fabrikasi IC, energi, industri elektronika, dan pendidikan, serta menjadi editor buku Mikroelektronika.

Pada 1984, Persatuan Insinyur Indonesia (PII) memberikannya penghargaan Adhikara Rekayasa atas jasanya di bidang ilmu pengetahuan. Prof Samaun juga memperoleh penghargaan medali Pengabdi Ilmiah Nasional (1978) dan Medali Mahaputra Utama (1994) dari Pemerintah Indonesia.

Di tingkat internasional, Samaun Samadikun memperoleh The 1998 Award of the Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) untuk menghargai dedikasinya di bidang ilmu pengetahuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penghargaan tinggi lainnya yang diterimanya adalah Satya Lencana Karya Satya Kelas I, Hadiah Ilmu Pengetahuan 1979, Satya Lencana Dwidyasistha 1983 dari Menhankam/Pangab saat itu, dan Meritorious Service Award, ASEAN COST 1999.

Prof Dr Samaun Samadikun meninggal di Jakarta pada 15 November 2006 dalam usia 75 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.