Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Samaun Samadikun yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 15/04/2016, 06:47 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Halaman utama Google pada Jumat (15/4/2016) dihiasi dengan doodle untuk memperingati hari lahir insinyur dan ilmuwan asal Indonesia, Prof Dr Samaun Samadikun.

Google membuat sketsa wajah Samaun Samadikun dengan latar belakang seperti trafo dan kabel-kabel yang melilit. Jika dilihat sekilas, semua unsur itu seperti membentuk tulisan "Google".

Namun, siapa sebenarnya Samaun Samadikun yang dijadikan sebagai Google Doodle hari ini?

Wikimedia Prof. Dr. Samaun Samadikun (1931 - 2006).
Dikutip KompasTekno dari halaman Wikipedia, Jumat (15/4/2016), Samaun Samadikun oleh ilmuwan dikenal sebagai Bapak Mikroelektronika Indonesia. Ia lahir di Magetan pada 15 April 1931.

Selama hidupnya, Prof Samaun banyak menulis publikasi ilmiah nasional ataupun internasional dalam bidang tunnel diodes, instrumentasi nuklir, fabrikasi IC, energi, industri elektronika, dan pendidikan, serta menjadi editor buku Mikroelektronika.

Pada 1984, Persatuan Insinyur Indonesia (PII) memberikannya penghargaan Adhikara Rekayasa atas jasanya di bidang ilmu pengetahuan. Prof Samaun juga memperoleh penghargaan medali Pengabdi Ilmiah Nasional (1978) dan Medali Mahaputra Utama (1994) dari Pemerintah Indonesia.

Di tingkat internasional, Samaun Samadikun memperoleh The 1998 Award of the Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) untuk menghargai dedikasinya di bidang ilmu pengetahuan.

Penghargaan tinggi lainnya yang diterimanya adalah Satya Lencana Karya Satya Kelas I, Hadiah Ilmu Pengetahuan 1979, Satya Lencana Dwidyasistha 1983 dari Menhankam/Pangab saat itu, dan Meritorious Service Award, ASEAN COST 1999.

Prof Dr Samaun Samadikun meninggal di Jakarta pada 15 November 2006 dalam usia 75 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com