Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera HTC 10 Bisa Kalahkan Galaxy S7?

Kompas.com - 15/04/2016, 09:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Lewat sebuah video promosi yang ditayangkan beberapa waktu lalu, HTC sempat sesumbar bahwa ponsel andalan barunya, 10, bakal menjadi “smartphone terbaik untuk merekam foto dan video”.

Benarkah begitu? Sebelum kemunculan HTC 10, duo Galaxy S7 dan S7 Edge dari Samsung diketahui memegang smartphone berkamera terbaik menurut hasil uji DXO Mark dengan nilai total sebesar 88 poin.

Nah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Jumat (15/4/2016), HTC ternyata menghasilkan kinerja penangkapan gambar yang hampir persis sama dengan Galaxy S7 dan S7 Edge. Skor akhirnya pun sama.

“Dengan sensor 12 inci 1/2.3 inci, perangkat ini mumpuni dalam hal autofokus dan menangkap tekstur, sehingga menjadi pilihan baik untuk merekam gambar bergerak atau landscape dan arsitektur yang detail,” sebut DXO Mark dalam lamannya.

DXO Mark Penjabaran hasil uji kamera HTC 10 untuk foto dan video oleh DXO Mark

DXO Mark menguji sejumlah parameter terkait fungsi fotografi dan video, termasuk akurasi exposure, warna, tingkat noise, hingga flash, dan image stabilization.

Seperti duo Galaxy S7 dan S7 Edge, HTC 10 dibekali dengan sensor kamera 12 megapiksel. Sensor pada HTC 10 mengusung teknologi “UltraPixel 2”, di mana ukuran tiap pikselnya mencapai 1,55 mikron. Lensanya memiliki bukaan selebar f/1.8.

HTC 10 menghasilkan skor DXO Mark sebesar 88 untuk foto dan 86 untuk video, sedangkan Samsung Galaxy S7 Edge mencatat nilai 88 untuk keduanya. Karena DXO Mark lebih menitikberatkan pada kemampuan foto, maka HTC One diberikan skor total sebesar 88.

Walhasil, posisi “kamera ponsel terbaik” di dunia kini ditempati oleh tiga ponsel sekaligus, yakni HTC 10, serta Galaxy S7 dan S7 Edge. Hasil uji DXO mark selengkapnya atas HTC 10 dapat dilihat di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com